Share

Indonesia Targetkan Ekspor 1 Juta Mobil

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 16 Maret 2022 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 52 2562534 indonesia-targetkan-ekspor-1-juta-mobil-sThY9WG54H.jpg Foto MPI/Tangguh Yudha

MENTERI Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan Indoensia mengekspor 1 juta unit mobil dalam keadaan utuh atau completely built up (CBU) ke berbagai negara di dunia pada 2025.

Hal ini disampaikannya di sela Export Ceremony All New BR-V di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/3/2022).

"Kami menargetkan pada tahun 2025 ekspor kendaraan roda empat menyentuh angka 1 juta. Semoga kita bisa mencapainya," kata Agus Gumiwang Kartasasmita.

 BACA JUGA: Tesla Naikkan Lagi Harga Mobil Listrik, Ini Penyebabnya

Pemerintah menginginkan produk otomotif Indonesia tak hanya memenuhi kebutuhan nasional, tapi juga bisa merambah pasar dunia.

"Kita ingin produk-produk otomotif yang ada di indonesia selain bisa memenuhi kebutuhan nasional, juga dapat memenuhi kebutuhan dunia," katanya.

 

"Untuk para pemain di industri otomotif diharapkan bisa ikut bagian dalam mengejar target pemerintah," tambahnya.

Agus Gumiwang menyebut telah membuka komunikasi dan pendekatan dengan negara lain untuk melajukan ekspor. Ia juga berjanji akan membuka arus investasi.

 BACA JUGA: Intip Koleksi Mobil Menag Yaqut Cholil Qoumas, Nilainya Capai Rp1,2 Miliar

"Kami akan dukung terus industri dengan kebijakan kebijakan yang tentu akan pro pada investasi mereka," paparnya.

Untuk diketahui, di tahun Januari 2022 ini saja, Indonesia telah mengekspor 24 ribu unit mobil dengan label completely built up (CBU) dengan nilai Rp 4,7 triliun.

Tidak hanya itu, Indonesia juga telah mengekspor 6 ribu unit mobil dengan label completely knocked down (CKD) dengan nilai Rp 6,1triliun.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini