Share

6.000 Mobil All New Honda BR-V Buatan Indonesia Siap Diekspor ke 30 Negara

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 16 Maret 2022 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 52 2562561 6-000-mobil-all-new-honda-br-v-buatan-indonesia-siap-diekspor-ke-30-negara-uALLuhNTJY.jpg All New BR-V diproduksi di pabrik HPM Karawang, Jawa Barat (Antara)

PT HONDA Prospect Motor (HPM) akan mengekspor 6.000 unit All New Honda BR-V buatan Indonesia hingga Desember 2022. Mobil yang diproduksi di pabriknya di Karawang, Jawa Barat tersebut dikirim ke 30 negara.

Pada Rabu (16/3/2022), secara simbolis Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita turut melepaskan pengiriman 96 All New Honda BR-V ke beberapa negara di Kepulauan Karibia seperti Barbados, St. Lucia, serta Trinidad dan Tobago melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 BACA JUGA: Indonesia Targetkan Ekspor 1 Juta Mobil

"Honda BR-V merupakan model istimewa karena dikembangkan melalui serangkaian riset terhadap selera dan kebutuhan masyarakat Indonesia," kata Takehiro Watanabe, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor di sela Export Ceremony All New BR-V di Tanjung Priok.

"Setelah disambut dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia, kami yakin All New Honda BR-V yang diproduksi dengan standar dan kualitas internasional dapat diterima di negara lain dengan baik," tambahnya.

 

Takehiro memaparkan, Model All New Honda BR-V yang diberangkatkan diproduksi di pabrik HPM Karawang, Jawa Barat. Ia menambahkan, pengiriman unit akan gerus dilakukan hingga akhir tahun.

 BACA JUGA: Intip Spesifikasi 2 Mobil Impian Sultan Andara Raffi Ahmad, Segini Harganya!

"PT HPM juga akan menambah jumlah negara tujuan ekspor All New Honda BR-V hingga sekitar 30 negara di seluruh dunia. Secara total, PT HPM akan mengirimkan sebanyak 6.000 unit All New Honda BR-V hingga Desember 2022 mendatang," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi ekspor yang dilakukan PT HPM. Ia menyebut, ini akan berkontribusi terhadap perekonomian nasinal.

Terlebih, unit All New Honda BR-V yang diekspor telah mengandung komponen lokal sebesar 80%, sehingga bisa dikatakan mobil yang satu ini adalah mobil buatan Indonesia.

"Kami berharap HPM bisa ikut bagian kejar target pemerintah untuk mengekspor 1 juta unit mobil ke seluruh dunia hingga tahun 2025. Kami juga berharap ada perluasan wilayah ekspor kedepannya," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

 Ilustrasi

Untuk diketahui, sebelum Honda BR-V, HPM telah mengekspor Honda Brio ke negara Vietnam dan Filipina sejak tahun 2019. HPM juga telah mengekspor Honda Freed ke beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Afrika Selatan sejak tahun 2009 hingga 2014.

Selain mobil, HPM juga mengekspor komponen mobil sejak 1992 ke berbagai negara di antaranya Jepang, Thailand, Malaysia, Vietnam, Taiwan, India, Pakistan, Mexico dan Brazil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini