Share

Mengenal Istilah CBU, CKD dan IKD dalam Dunia Otomotif

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 52 2563176 mengenal-istilah-cbu-ckd-dan-ikd-dalam-dunia-otomotif-Rb66QSYPRP.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BANYAK istilah di industri otomotif.Di antaranya yang sering terdengar adalah Completely Build Up (CBU), Completely Knocked-down (CKD), dan juga Incompletely Knock Down (IKD).

Nah sebenarnya apa sih arti dari istilah-istilah tersebut? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini, yang dilansir dari berbagai sumber.

 BACA JUGA: Pasar Mobil Bekas Tunjukkan Pergerakan Positif, Diprediksi Naik 3 Persen di 2022

CBU

CBU merupakan kendaraan yang secara keseluruhannya merupakan hasil Build-Up (rakitan) dari manufaktur orisinilnya. Dengan kata lain, CBU adalah kendaraan yang didatangkan atau di import dalam keadaan utuh dan sudah berbentuk kendaraan.

Contoh kendaraan CBU adalah Lamborghini, Ferrari, dan lain-lain. Mobil ini diimport secara utuh dan masuk ke negara tujuan sudah berwujud mobil untuk kemudian dijual secara langsung.

CKD

CKD merupakan kendaraan yang didatangkan dengan keadaan belum dirakit, namun komponennya lengkap. Semua komponen masih dalam bentuk lepas atau terpisah dan nantinya akan dirakit di negara tujuan.

 

Adapun Komponen-komponen kendaraan CKD harus mengandung empat komponen utama, yakni mesin, transmisi, bodi/sasis, dan gardan. Contoh kendaraan CKD adalah Hyundai Grand Avega, yang sebagian besar komponennya didatangkan langsung dari Korea dan dirakit di Indonesia.

 BACA JUGA: 5 Mobil Ini Paling Diburu Peminat Kendaraan Bekas Indonesia

IKD

IKD adalah kendaraan yang didatangkan dari luar negeri atau diimport) keadaan terurai dan komponennya tidak utuh. Umumnya hal ini dikarenakan sebagian komponen yang tidak ikut di import tersebut sudah bisa diproduksi secara lokal.

Contoh kendaraan IKD adalah mobil Toyota Avanza yang diproduksi oleh Toyota Astra Motor (TAM). Toyota Avanza yang diproduksi oleh TAM menggunakan bodi dan rangka yang di produksi secara lokal di pabriknya di Indonesia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini