Share

Catat! 6 Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

Tangguh Yudha, Jurnalis · Minggu 20 Maret 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 52 2564576 catat-6-tanda-wiper-mobil-harus-diganti-Ay9Y3KRVnS.jpg Ilustrasi wiper mobil (Okezone)

DI MUSIM hujan seperti sekarang ini, wiper atau penyeka kaca mobil sangat penting perannya. Wiper akan membersihkan pandangan kita saat berkendara.

Bayangkan jika tidak ada wiper atau wiper mobil kita rusak, tentu akan sulit sekali melihat jalan. Dan ini sangat berbahaya, kita akan rentan sekali mengalami kecelakaan.

Untuk itu, pastikan wiper selalu dalam kondisi baik. Jika dirasa fungsinya sudah berkurang, segeralah lakukan perbaikan atau jika sudah tidak dimungkinkan, lakukanlah penggantian.

 BACA JUGA: Jangan Tergiur Harga Murah, Berikut Tips Beli Mobil Bekas Taksi

Nah, pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk memperbaiki atau mengganti wiper? Berikut paparannya, seperti dilansir dari Hansma Automotiv :

1. Rangka wiper mulai bengkok

Segera lakukan perbaikan jika rangka wiper mobil mulai bengkok. Rangka wiper yang bengkok tentu beberapa sisinya tidak akan menyentuh kaca, jika sudah begini kaca tidak akan bersih maksimal.

Jadi jangan tunggu lama untuk memperbaiki wiper yang bengkok. Dan jika sudah diperbaiki, berhati-hatilah ketika ingin menekuknya.

2. Ada bekas goresan di kaca

Sejatinya, wiper berfungsi untuk membersihkan pandangan kita bukan malah menambah goresan pada kaca yang justru akan mengganggu.

Goresan di kaca depan mobil menandakan wiper harus diganti. Jika dibiarkan, maka goresan akan menjadi lebih parah, lama kelamaan tentunya semakin sulit kita melihat jalan.

 BACA JUGA: Ini Negara dengan Biaya Rental Mobil Termahal di Dunia!

3. Ada celah antara wiper dan kaca

Adanya celah antara wiper dan kaca sudah pasti membuat kinerja wiper sia-sia. Wiper tidak akan menyentuh kaca, yang berarti kaca tidak akan bisa dipersihkan. 

Apabila menemui masalah ini sudah jelas bahwa penggantian wiper harus dilakukan dengan segera.

4. Terdengar bunyi berdecit

Bunyi berdecit saat wiper digunakan merupakan tanda bahwa wiper sedang tidak baik-baik saja. Untuk itu coba bersihkan wiper atau jika masih bunyi juga, bisa lakukan penggantian.

5. Karet pada pisau retak atau rusak

Karet pada wiper bisa saja rusak karena terpapar sinar UV. Jika hal ini terjadi, karet tidak akan menyentuh kaca secara sempurna dan inilah waktunya untuk mengganti wiper baru.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi wiper setelah diganti. Ini akan sangat berguna, mengetahui kondisi karet wiper akan meminimalisir masalah kaca depan mobil lecet.

 Ilustrasi

6. Pergantian musim

Untuk diketahui, jenis wiper sebenarnya berbeda-beda, ada yang dikhususkan untuk musim dingin yang mampu mencegah dampak negatif salju dan ada yang dikhususkan untuk musim panas.

Tapi pemilik mobil di Indonesia tidak perlu khawatir akan hal ini. Pasalnya semua wiper yang digunakan secara garis besar sama. Tidak ada wiper khusus karena tidak ada salju.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini