Share

4 Tips Lakukan Perjalanan Jauh Bareng Keluarga dengan Mobil, Aman dan Nyaman

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 52 2564746 4-tips-lakukan-perjalanan-jauh-bareng-keluarga-dengan-mobil-aman-dan-nyaman-Lc8Cn4ySrn.JPG Ilustrasi (Hyundai)

PERJALANAN darat keluarga bisa menjadi ide bagus untuk aktivitas liburan jika Anda ingin pergi ke suatu tempat secara bersama-sama dengan lebih intim, atau bagi anda yang masih khawatir untuk melakukan perjalanan dengan transportasi umum untuk mencegah terpapar virus.

Namun untuk melakukan sebuah perjalanan jauh bareng keluarga dengan mobil tentu membutuhkan persiapan agar tidak kerepotan dan malah tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu, berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan 4 tips supaya family road trip mu aman dan nyaman!

1. Siapkan Camilan yang Cukup

Memastikan Anda memiliki cukup makanan ringan untuk perjalanan adalah salah satu tips perjalanan jauh dengan keluarga yang aman dan nyaman, terlebih pandemi membuat bekal terasa menjadi lebih penting untuk masalah kesehatan dan keamanan.

 BACA JUGA: Catat! 6 Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

Semakin banyak camilan yang Anda bawa, semakin mandiri perjalanan yang berarti semakin sedikit pemberhentian. Selain soal asupan, camilan bisa menjadi alternatif kegiatan menyenangkan di mobil dengan nyemil bersama-sama.

2. Siapkan Hiburan di Mobil

Perjalanan jauh—terutama dengan anak-anak—sering kali dapat menyebabkan pertengkaran apabila muncul kebosanan. Jadi, pastikan anak-anak dan seluruh anggota keluarga termasuk juga diri anda sendiri menyiapkan hiburan di mobil.

 BACA JUGA: Audi dan Bentley Kerepotan Ganti Rugi Mobil Imbas Kebakaran Kapal Kargo

Menghabiskan waktu dengan buku, teka-teki, playlist musik keluarga hingga menyiapkan mini games adalah ide yang sangat bagus untuk menghabiskan waktu, serta membuat anggota keluarga menjadi lebih terlibat satu sama lain.

3. Beritahu Keluarga Rencana Perjalanan 

Ungkapkan rute dan rencana perjalanan anda dan bagaimana untuk mencapai ke sana. Hal ini dipercaya akan membantu anggota keluarga terlebih anak-anak untuk memahami berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana. Hal ini setidaknya untuk membuat mereka paham dan menerima ‘konsekuensi’ akan lelah dan kemungkinan suntuk di perjalanan.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Alokasikan Waktu Rehat untuk Perjalanan

Jarak dan waktu adalah hal yang tidak bisa dipastikan apabila menempuh perjalanan jauh dengan mobil. Situasi di jalanan seringkali tidak terduga, mulai dari kemacetan hingga peristiwa kecelakaan dsb nya.

 Ilustrasi

Bersikaplah realistis saat merencanakan perjalanan dengan berangkat lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, jangan terlalu terburu-buru untuk tiba di tujuan dengan memaksakan terus melaju.

Alokasikan waktu untuk rehat, semisal setiap 6 jam sekali untuk menghindari kepenatan dan suntuk, baik bagi pengemudi maupun seluruh anggota keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini