Share

Ingat, Tilang Elektronik Berlaku di Jalan Tol Mulai April 2022

Tim Okezone, Okezone · Selasa 22 Maret 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 52 2565527 ingat-tilang-elektronik-berlaku-di-jalan-tol-mulai-april-2022-Zamov5cLE8.jpg Ilustrasi jalan (dok. Freepik)

KORLANTAS Polri dan PT Jasa Marga akan memberlakukan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol mulai April 2022.

Korlantas Polri sendiri saat ini tengah memberlakukan uji coba ETLE di jalan tol hingga 30 Maret mendatang.

Selama masa uji coba ini, para pelanggar nantinya hanya mendapatkan surat teguran saja.

Namun setelah ETLE ini resmi diberlakukan, pelanggar akan mulai dikenakan sanksi berupa denda tilang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

infografis

Tilang elektronik di jalan tol ini akan mendeteksi dua jenis pelanggaran, yakni kendaraan over dimension over loading (ODOL) dan kendaraan yang melanggar batas kecepatan.

Follow Berita Okezone di Google News

ETLE nantinya akan diberlakukan di seluruh jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga, dengan sebaran 8 unit di Jabodetabek dan Bandung, 22 unit di tol Trans Jawa dari Jakarta-Kertosono, dan satu unit di luar Pulau Jawa.

"Kamera akan kami pasang di titik-titik yang rawan kecelakaan," jelas Aan menambahkan.

Sementara untuk alat weight in motion atau timbangan ODOL akan terpasang di tujuh titik, yakni di Tol Jagorawi, JOR Seksi R, Jakarta-Tangerang, Padaleunyi, Semarang Seksi A-B-C, Ngawi-Kertosono, dan Surabaya-Gempol.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini