Share

Komponen Terpenting Dalam Mobil dan Fungsinya

Andaru Danurdana, MNC Portal · Rabu 23 Maret 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 52 2565797 komponen-terpenting-dalam-mobil-dan-fungsinya-kUZN1Vv7tE.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

SEBAGAI moda transportasi, mobil merupakan sebuah rangkaian komponen mesin yang bekerja secara bahu-membahu.

Memiliki banyak bagian yang saling membutuhkan, tentunya satu kerusakan komponen akan mengakibatkan mobil gagal berfungsi dengan semestinya.

Dari sekian ratus komponen besar dan kecil yang terdapat dalam mobil, ada sepuluh bagian yang eksistensinya dianggap paling penting dan paling pantang rusak. Apa saja? Berikut ini MNC Portal rangkumkan.

1. Ban

Ban adalah komponen penting pertama yang terdapat pada mobil selaku penghubung langsung antara mobil dengan jalan raya. Umumnya terbuat dari karet, ada beragam jenis ban yang bisa dipilih pengemudi untuk menyesuaikan dengan keadaan jalan dan gaya berkendara.

2. Aki

Selain ban, aki juga menjadi komponen terpenting dalam mobil karena fungsinya sebagai pusat tenaga listrik. Tanpa aliran listrik, mesin mobil tak akan bisa hidup; apalagi di mobil-mobil modern yang fiturnya semakin canggih.

3. Alternator

Selain aki, aliran listrik pada mobil juga diatur oleh alternator. Berfungsi untuk mengisi muatan listrik pada aki, komponen yang satu ini diketahui tak punya teknik perawatan khusus.

infografis

Radiator adalah sistem pendingin cair yang berfungsi untuk mengatur temperatur mesin mobil agar tak terlalu ekstrem. Bekerja di seputar pembakaran dan gesekan logam yang menciptakan panas, radiator menjadi satu komponen yang bertugas menjaga stabilitas fungsi mesin.

5. Transmisi

Setelah mesin bergerak, pengendara harus memindah tuas transmisi agar mobil bisa berjalan. Sistem ini bekerja dengan meneruskan putaran mesin ke bagian poros roda dan mengatur ukuran roda gigi yang digunakan tergantung keadaan jalan.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Rem

Selain soal berjalan yang diatur transmisi, mobil juga perlu sistem berhenti yang diatur oleh rem. Dengan rem, pengemudi bisa menurunkan kecepatan mobil dengan mudah tanpa perlu mengandalkan waktu, resistensi udara, dan gravitasi semata.

7. Setir

Juga disebut kemudi, setir adalah penghubung utama antara pengendara dengan mobil. Tertera dari namanya, setir jelas digunakan untuk menyetir alias mengendalikan arah laju mobil.

8. Suspensi

Suspensi adalah komponen yang digunakan untuk meminimalisir guncangan pada badan mobil. Diciptakan untuk menjaga kenyamanan berkendara, suspensi biasanya bekerja bersamaan dengan sistem peredam kejut.

9. Modul Kontrol

Sering disebut Electronic Control Unit alias ECU, modul kontrol ini berfungsi sebagai otak dari seuah mobil yang menerima dan mengolah data bahan bakar, kondisi mesin, dan masih banyak lagi untuk. Komponen ini bisa diibaratkan seperti prosesor di dalam komputer.

10. Injektor Bahan Bakar

Supaya bisa bergerak, mobil membutuhkan bahan bakar. Di sini lah injektor bahan bakar bekerja; setelah bensin mengalir dari tangka ke filter dan masuk fuel rails, injektor akan mencapurkan bahan bakar dengan udara demi terciptanya pembakaran sempurna.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini