Share

Catat! Ini Jalur Alternatif ke Jawa Selain Lewat Jalan Tol

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 27 Maret 2022 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 52 2568258 catat-ini-jalur-alternatif-ke-jawa-selain-lewat-jalan-tol-4MnNhy3VBQ.jpg Mudik di Jalur Pantura (Okezone)

PRESIDEN Joko Widodo mempersilakan masyarakat untuk melaksanakan mudik pada perayaan Lebaran tahun ini. Masyarakat diizinkan untuk mudik asalkan telah di vaksin booster.

Seperti biasanya, tantangan yang dihadapi ketika mudik lewat jalur darat adalah kemacetan. Meski tersedia tol, nyatanya hal tersebut belum cukup mengatasi padatnya situasi mudik lebaran.

 BACA JUGA: Mau Mudik Lebaran 2022? Cek Dulu Daftar 11 Ruas Jalan Tol Baru yang Beroperasi

Nah untuk itu, perlu mengetahui jalur mudik alternatif agar tidak terjebak di tol. Bagi kalian yang akan mudik ke daerah Jawa lewat jalur darat, sebaiknya simak jalur mudik alternatif berikut.

Jalur alternatif Pantai Utara (Pantura)

Jalur Pantura merupakan jalur klasik mudik di Jawa. Untuk menghindari kemacetan Pantura, pemudik bisa melewati jalur alternatif menuju Desa Krasak, Jatibarang, Indramayu.

Saat masuk karawang, arahkan ke jalan Syekh Quro, Buahaseum, lalu tembus di Blanakan. Kalian akan tembus di pasar Sukamandi, Pantura.

Jalur Pantura sendiri memiliki banyak pilihan lokasi wisata, dimulai wisata alam hingga wisata kuliner yang banyak tersaji di sepanjang jalur. Selain itu, jalur Pantura juga punya banyak pilihan tempat beristirahat.

Sajian wisata kuliner banyak didapati ketika mulai memasuki Brebes, Tegal, Pekalongan, Pemalang, hingga Semarang. Dengan lewat jakur alternatif Pantura, biaya akan lebih murah dibandingkan melalui tol trans Jawa.

Jalur lternatif Pantai Selatan (Pansela)

Selain jalur Pantura, untuk mudik ke daerah jawa juga bisa dilakukan dengan melalui jalur Pansela. Jalur Pansela sendiri terbentang dari Banten sampai Jawa Timur.

Untuk jalian yang melewati jalur Selatan, selain Nagrek, titik utama kemacetan lainnya adalah di Malangbong. Untuk menghindari Malangbong, terdapat jalan alternatif Kadungora.

Ilustrasi

Ikuti jalannya sampai Leles, lalu belok kiri dan masuk jalur Sarkanjut. Setelah itu masuk jalur Bayuresmi dan tembus ke Jalan Sudirman Sukadana-Cilawi.

Meskipun jalur Pansela ini relatif lebih lancar dan kondisi jalanan lebih baik dibanding jalur Pantura, jalur Pansela ini tidak memiliki fasilitas pendukung yang memadai.

Tempat pengisian bahan bakar masih eceran dan jarang sekali ditemukan pom bensin. Bengkel juga sangat jarang, itu pun hanya sebatas jasa tambal ban.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini