Share

Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal untuk Berkendara

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 52 2569050 tekanan-angin-ban-mobil-yang-ideal-untuk-berkendara-3fiMo0Vj11.jpg Tekanan angin ban mobil (Breakerlink)

BAN menjadi bagian yang seringkali lepas dari perhatian. Tidak sedikit pengendara yang mengabaikan kondisi ban mobil dengan membiarkan ban kekurangan atau kelebihan tekanan angin.

Padahal tekanan angin ban mobil yang tidak ideal dapat mempengaruhi kenyamanan dan performa saat berkendara. Bahkan, bisa sangat membahayakan meski saat berkendara dalam kecepatan lambat.

Tekanan angin ban yang kurang dapat membuat beban yang menumpu di ban mobil meningkat. Akibatnya, tarikan pada ban mobil pun menjadi lebih berat dan mobil harus bekerja lebih ekstra.

 

Sementara tekanan angin ban yang berlebih bisa merusak ban mobil seperti terdapat benjolan pada ban hingga pecah. Hal ini tentu sangat membahayakan penumpang dan kendaraan lain di jalan.

Untuk itu, selalu pastikan tekanan angin ban mobil sesuai dengan kebutuhan dan tidak kurang ataupun berlebihan. Lantas, berapakah ukuran angin ban mobil yang ideal? Berikut penjelasannya.

Diolah dari blog Auto2000, tekanan angin ban mobil yang baik tergantung pada kendaraan yang digunakan. Bisa dengan mengikuti standar pabrikan yang direkomendasikan.

Idealnya, untuk mobil MPV, tekanan angin sebaiknya berada di 33-36 Psi, sementara untuk mbil City Car di angka 30-36 Psi. Lain lagi untuk mobil sedan, disarankan tekanan berada di 30-33 Psi, dan untuk mobil SUV di 35-40 Psi.

Ukuran tekanan angin ban di atas merupakan rata-rata. Setiap tipe mobil mempunyai ukuran ban dan velg yang berbeda, akibatnya tekanan angin ban masing-masing tipe mobil juga bisa berbeda.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini