Share

Perbedaan Ambulans dan Mobil Jenazah, Jangan Sampai Salah!

Andaru Danurdana, MNC Portal · Rabu 30 Maret 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 52 2569582 perbedaan-ambulans-dan-mobil-jenazah-jangan-sampai-salah-ggwjyS2dI7.png Ambulans (dok Freepik)

SAAT ini terdapat dua jenis angkutan yang dikenal masyarakat, ambulans dan mobil jenazah.

Sering disangka sama, ambulans dan jenazah adalah jenis kendaraan yang berbeda.

Meski mirip secara penampilan; sama-sama berjenis van, seringnya berwarna putih, dan bernuansa rumah sakit.

Sejatinya, ada beberapa perbedaan mendasar yang dimiliki ambulans dan mobil jenazah. Berikut perbedaannya dirangkum oleh MNC Portal:

1. Fungsi

Perbedaan paling mendasar antara ambulans dan mobil jenazah adalah fungsi. Sebagai angkutan, ambulans punya fungsi untuk memindahkan orang sakit atau cidera dari suatu lokasi ke sebuah unit perawatan. Sedangkan mobil jenazah berfungsi untuk mengantar jasad secara aman ke rumah duka atau pemakaman.

infografis

2. Kelengkapan

Sebagai angkutan orang sakit, ambulans membutuhkan beberapa kelengkapan agar pasien bisa dirawat dan dijaga kondisinya dalam perjalanan; seperti unit defibrillator dan monitor EKG, papan angkat, ranjang, pompa suntik infus, dan masih banyak lagi. Sedangkan mobil jenazah biasanya hanya berisikan kursi panjang untuk penumpang dan ruang kosong untuk meletakkan keranda.

3. Jumlah Personel

Satu lagi hal yang membedakan ambulans dengan mobil jenazah adalah jumlah petugas. Ambulans harus diisi setidaknya dua personel yang terdiri dari pengemudi dan petugas; keduanya harus memahami Basic Life Support. Sementara mobil jenazah biasanya diisi oleh lima personel yang terdiri dari satu pengemudi dan empat petugas pengangkut jenazah.

4. Pengelolaan

Ambulans biasanya dimiliki dan dikelola oleh berbagai macam pihak; tak hanya rumah sakit pemerintah dan swasta tetapi juga beberapa instansi seperti PMI, Damkar, Basarnas, dan Puskesmas. Sedangkan pelayanan mobil jenazah biasanya dibina dan diawasi oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman masing-masing daerah.

5. Prioritas Lalu Lintas

Sebagai angkutan darurat, ambulans diperbolehkan menyalakan sirene ketika dalam perjalanan menjemput pasien dan harus didahulukan di jalan raya. Sedangkan mobil jenazah tak punya keunggulan serupa karena tugasnya untuk mengantar mendiang dengan aman serta nyaman dan bukan soal kecepatan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini