Share

Kenali Komponen Transmisi Otomatis Pada Mobil

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 52 2570362 kenali-komponen-transmisi-otomatis-pada-mobil-0DElbUoLtY.jpg Ilustrasi (Okezone)

KOMPONEN transmisi otomatis pada mobil harus anda ketahui. Apalagi jika anda adalah pengguna mobil dengan sistem transmisi otomatis atau matic. Tak hanya itu, bagi anda pengguna mobil manual juga harus tau tentang transmisi otomatis ini agar tidak kaget saat mengendarai mobil matic.

Transmisi otomatis pada mobil adalah sebuah sistem perpindahan gigi yang dilakukan secara otomatis berdasarkan kecepatan berkendara dan juga beban mesinnya. Transmisi ini cukup berbeda dengan transmisi mobil manual yang memerlukan perpindahan menggunakan shift leve.

 BACA JUGA: Perbedaan Ambulans dan Mobil Jenazah, Jangan Sampai Salah!

Bagi anda yang belum tahu, berikut adalah informasi mengenai komponen transmisi otomatis pada mobil.

Komponen Transmisi Otomatis

1. Torque Converter

Komponen yang satu ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan kopling fluida dan diisi dengan minyak transmisi. Fungsinya adalah sebagai kopling otomatis yang dapat memindah atau memutus momen mesin pada transisi. Selain itu, torque converter juga berfungsi untuk meredam getaran dan memperlembut mesin.

2. Planetary Gear Unit

Bagian ini berfungsi sebagai komponen untuk menaikan atau menurunkan kecepatan mobil. Komponen paling pentingnya adalah brake yang berfungsi sebagai perbandingan gigi. Pada bagian brake ini digerakan menggunakan tekanan hidorlis.

3. Hydraulic Control Unit

Fungsinya adalah untuk mengendalikan brake dan juga kopling transmisi otomatis. Hydraulic Control Unit dapat ditemukan pada bagian Valve Body Assembly di bawah Planetary Gear. Pompa oli pada komponen ini memiliki fungsi untuk meningkatkan tekanan hidrolis.

4. Manual Linkage

Manual linkage adalah sebuah komponen selector lever yang dilengkapi dengan kabel, akselerator, dan kabel throttle.

 Ilustrasi

5. Automatic Transmission Fluid (ATF)

Komponen ini juga dikenal sebagai oli transmisi yang digunakan untuk melumasi transmisi. ATF biasanya digunakan pada Torque Converter. Namun, penggunaan ATF harus sesuai dengan ketentuan produsen, karena jika tidak sesuai dapat mengakibatkan kerusakan pada kinerja sistem transmisi. Tak hanya itu, anda juga harus melakukan pengecekan secara rutin pada bagian ini.

Demikian informasi yang dapat Okezone sampaikan mengenai komponen transmisi otomatis pada mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini