Share

Apakah Fungsi Engine Mounting?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 52 2570406 apakah-fungsi-engine-mounting-6cosxk3LdL.JPG Engine mounting (Daihatsu)

APAKAH fungsi engine mounting? beberapa dari anda mungkin pernah mempertanyakan sebuah komponen yang ada di dalam mobil ini. Engine mouting adalah sebuah komponen atau benda yang terletak dibagian sasis mesin mobil.

Komponen engine mouting memiliki peran yang sangat penting dalam mobil. Karena akan berhubungan dengan kenyamanan saat berkendara. Rasa nyaman dalam berkendara akan membuat pengemudi ataupun penumpannya merasa betah dan tidak merasa begitu lelah saat di dalam perjalananan.

 BACA JUGA: IIMS 2022 Digelar Besok, Intip Sederet Mobil dan Motor Baru yang Akan Meluncur

Lantas, Apakah Fungsi Engine Mounting? Berikut penjelasan dari Okezone.

 

Apakah Fungsi Engine Mouting?

Kenyamanan dalam berkendara bisa didapatkan dari beberapa hal, salah satunya adalah mobil yang mesinnya terasa halus tanpa adanya getaran ketika tengah menyala atau tengah dikendarai.

 BACA JUGA: Perbedaan Ambulans dan Mobil Jenazah, Jangan Sampai Salah!

Nah, inilah fungsi yang sebenarnya dari Engine Mouting. Fungsi utama dari engine mouting adalah sebagai dudukan mesin. Sehingga dengan adanya benda ini di dalam mesin mobil, getaran yang dihasilkan oleh mesin dapat diredam dan tidak masuk atau mengenai kabin.

Di dalam mesin mobil yang tengah bekerja akan terjadi sebuah reaksi gesekan antar mesin mobil dan juga reaksi campuran bahan bakar dengan udara, hal ini akan memicu adanya getaran yang bisa dirasakan pada seluruh body mobil. Maka dari itulah mobil-mobil modern memerlukan yang namanya engine mouting demi kenyamanan pengendara dan juga penumpang di dalam mobil.

Engine mouting mampu meredam getaran karena terbuat dari material karet yang dilapisi oleh plat baja. Material karet ini dapat bekerja dengan baik untuk menagan getaran karena sifatnya yang elastis.

Agar fungsinya semakin maksimal, anda bisa memasang komponen ini satu atau dua buah sekaligus. Karena semakin banyak engine mouting yang dipasang maka getaran yang dihasilkan akan semakin sedikit.

 Ilustrasi

Tak hanya itu, fungsi lainnya adalah sebagai penjaga beberapa komponen mesin agar tetap menempel pada bagian sasis mesin dan terhindar dari kerusakan. Komponen tersebut antara lain kopel, piston, dan juga girboks.

Itulah informasi mengenai apakah fungsi engine mouting.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini