Share

Jangan Panik, Lakukan 4 Hal Ini saat Mobil Terbakar Seperti di KM 43 Tol Cikunir

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 52 2571214 jangan-panik-lakukan-4-hal-ini-saat-mobil-terbakar-seperti-di-km-43-tol-cikunir-fJKO4Y5pBL.jpg Mobil terbakar di Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta (Istimewa)

KEBAKARAN mobil Peugeot berpelat B 1932 PGZ di kilometer 43.200 Tol JORR Cikunir arah Cakung, Kamis (31/3/2022) pagi, menghebohkan warga.

Menurut pengakuan pengemudi bernama Ibrahim Thahir, sebelum terbakar, AC mobilnya sempat mati mendadak.

Kemudian muncul percikan api dari kap mesin lalu api membesar. Pengemudi akhirnya memarkirkan mobil ke bahu jalan kemudian keluar menyelamatkan diri. Mobil yang terbakar selanjutnya dipadamkan oleh petugas.

Melansir dari laman resmi Kantor Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh, berikut beberapa cara menghadapi mobil terbakar :

1. Jangan panik

Pengendara dianjurkan tak panik dan tetap tenang saat mobil terbakar. Segera putar kendaraan ke tempat yang aman apabila memungkinkan. Selain itu, mematikan mesin mobil dan mencabut kunci dari stop kontak. Menjauh dari mobil sekitar 50 meter untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

2. Buka kap

Jika kondisi masih aman, pengendara bisa membuka kap dan mencabut salah satu kepala aki dari katup untuk memutus aliran listrik.

3. Padamkan api dengan APAR

Alat pemadam api ringan (APAR) biasanya tersedia di dalam mobil. Untuk itu, pengendara bisa menggunakan untuk memadamkan sumber api. Namun demikian, jika api membesar, disarankan untuk menghubungi Damkar setempat.

4. Jangan nekat menyelamatkan barang

Saat mobil terbakar, sebaiknya jangan nekat menyelamatkan barang di dalam mobil. Nyawa jauh leih penting dari barang berharga yang tertinggal di mobil.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini