Share

Kecelakaan Motor vs Mobil di Tangsel Tewaskan Ibu Hamil, Yuk Pahami Lagi Bahaya Memotong Jalur

Kurniawati Hasjanah, Okezone · Jum'at 01 April 2022 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 52 2571409 kecelakaan-motor-vs-mobil-di-tangsel-tewaskan-ibu-hamil-yuk-pahami-lagi-bahaya-memotong-jalur-meXJfzssr9.jpg Ilustrasi Kecelakaan (dok Freepik)

KECELAKAAN motor vs mobil kembali terjadi pada Kamis 31 Maret 2022 di Jalan Boulevard BSD, tepatnya di depan Sinarmas World Academy, Cilenggang, Serpong.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kecelakaan bermula saat motor Yamaha Mio yang dikendarai AS dan AM melaju dari arah persimpangan German Centre menuju ke arah D'Brezze.

Kemudian, sesampainya di dekat lampu merah Sinarmas, diduga kendaraan sepeda motor Yamaha Mio melaju bergerak ke samping kanan atau berpindah lajur.

Hal ini yang membuat kecelakaan tak terhindarkan.

Sepeda motor itu memotong lajur yang sedang dilintasi Kendaraan Mitsubishi Colt diesel pengendara MS sehingga kedua kendaraan tersebut mengalami kecelakaan lalu lintas.

infografis

Berkaca dari insiden ini, sebaiknya pengendara memahami lagi bahaya memotong jalur.

Melansir Wahana Honda, dalam pertimbangan apapun, memotong jalur di area tersebut sangat berbahaya.

Selain tidak ada rambu-rambu lalu lintas, juga mengganggu pengendara lain. Karena persepsi pengendara lain adalah aman saja.

Follow Berita Okezone di Google News

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak mendahului mobil dikutip dari Astraworld:

1. Pastikan Anda berada di jalur kanan saat mendahului.

Jalur kanan harus dalam keadaan lengang dan aman. Hindari menyalip melalui lajur kiri karena pada lajur kiri kadang terdapat pejalan kaki, pedagang atau kendaraan lain yang berhenti.

2. Perhatikan lampu sign kanan yang hendak kita dahului.

Bila lampu sign-nya juga berkedap-kedip, tunda dulu niat mendahului. Bisa jadi sign itu tanda bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan atau mobil di depan hendak membelok ke kanan atau bahkan menyalip kendaraan di depannya.

3. Jangan lupa lihat spion

Tengok spion untuk melihat kondisi di belakang dan sisi kanan kendaraan kita.

infografis

4. Jangan membunyikan klakson atau menyalakan lampu jauh secara berlebihan

Jika Anda membunyikan klakson dan menyalakan lampu jauh secara terus menerus, ini dapat memancing emosi pengendara di depannya.

5. Jangan menyalip kendaraan lain saat jalan menikung, melintasi jembatan, saat jarak pandang terbatas karena kabut, dan saat di jalan yang menanjak ataupun menurun yang cukup terjal

6. Punya toleransi yang tinggi

Bila ada kendaraan lain yang minta diberi kesempatan untuk mendahului, berilah mereka kesempatan untuk menyalip, apalagi bila kendaraan yang menyalip adalah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, ambulans, kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan kepala negara atau pemerintah asing yang menjadi tamu negara, atau kendaraan iring-iringan pengantar jenazah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini