Share

Dear Riders, Ini 7 Persimpangan Jalan di Jabar Rawan Hambat Arus Mudik

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Sabtu 02 April 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 52 2571493 dear-riders-ini-7-persimpangan-jalan-di-jabar-rawan-hambat-arus-mudik-kAroI4fIOW.jpg Jalur Nagreg, Jawa Barat saat arus mudik Lebaran (Okezone)

TERDAPAT tujuh persimpangan jalan di Jawa Barat berpotensi menghambat arus mudik Lebaran. Hal itu berdasarkan kajian Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2022.

"Kalau di arah selatan itu Cileunyi, Nagreg, Limbangan, Gentong, kemudian Ciawi, itu jadi persoalan. Lalu, Puncak dan arah pantura juga sama, serta pintu-pintu keluar tol," kata Kepala Dishub Jabar, A Koswara di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Dengan kondisi tersebut, lanjut Koswara, pihaknya kini tengah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi guna menekan potensi kepadatan lalu lintas selama musim mudik Lebaran 2022.

infografis

Terlebih, kata Koswara, arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi meningkat menyusul pelonggaran aturan penanganan Covid-19 dan pemerintah pusat pun telah mengizinkan aktivitas mudik. 

"Berdasarkan hasil kajian Kementerian (Perhubungan), ada peningkatan sekitar 20,2 persen yang melakukan perjalanan mudik. Kalau presiden menyebut sekitar 79 juta warga, artinya sekitar 80 juta penduduk akan mudik," ujarnya.

Sebagai salah satu langkah antisipasi, kata Koswara, pihaknya sudah menyiapkan 18 posko mudik yang dibangun tersebar di sejumlah wilayah yang didukung 125 posko mudik yang dibangun di seluruh kabupaten/kota di Jabar.

"Jabar menjadi tujuan mudik karena penduduk kita paling banyak, sehingga memang akan menjadi tujuan mudik di beberapa lokasi," katanya.

Koswara memastikan, pihaknya tengah memperhitungkan seluruh risiko yang mungkin terjadi di lapangan dalam penanganan arus mudik Lebaran 2022, termasuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan di wilayah Jabar.

"Kalau terjadi kemacetan gimana penanganannya, terus ada arus kendaraan itu bagaimana tindak penanganannya, itu semua akan kami bahas bersama," tutur dia.

Disinggung soal angkutan mudik gratis, Koswara menyatakan belum bisa memastikan pelaksanaan program yang kerap dinantikan masyarakat itu. Namun, kata Koswara, program itu bisa diterapkan jika ada masyarakat yang membutuhkan.

"Kami baru tahap membuat rencana operasi dan ini sudah kami coba gabungkan dengan semua kabupaten/kota untuk menyelenggarakan angkutan lebaran (gratis)," ucapnya. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini