Share

Lokasi Speed Camera yang Ada di Jalan Tol

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 01 April 2022 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 52 2571625 lokasi-speed-camera-yang-ada-di-jalan-tol-Gkl2xrc6by.jpg Jalan Tol Dalam Kota (Okezone.com/Arif)

PENERAPAN tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol mulai diberlakukan terhitung, Jumat (1/4/2022). Dalam pelaksanaannya, mengandalkan kamera atau speed camera yang tersebar di beberapa ruas tol.

Ada tujuh ruas jalan tol yang telah dipasang kamera tersebut. Antara lain Tol Jakarta-Cikampek, Tol MBZ, Tol Sedyatmo, Tol Dalam Kota Jakarta, Tol Kunciran-Cengkareng, Tol Lingkar Luar Jakarta, dan Tol Jakarta-Tangerang.

 BACA JUGA: Mobil Hangus Terbakar di KM 43 Tol Cikunir, Yuk Pahami Lagi Fungsi dan Jenis APAR

Tilang elektronik di jalan tol ini menyasar dua jenis pelanggaran yaitu kendaraan yang melakukan pelanggaran kecepatan yang melewati batas (over speed di atas 100km/jam) dan muatan berlebihan (over load).

 

Mereka yang kedapatan melanggar akan dikenakan Pasal 287 ayat 5 UULAJ dengan ancaman kurungan dua bulan atau denda Rp500 ribu (untuk pelanggar kecepatan, serta Pasal 307 UULAJ dengan ancaman kurungan paling lama dua bulan atau denda paling besar Rp 500.000 (untuk pelanggar muatan).

Kamera akan mengintai selama 24 jam non stop. Nantinya, pelanggaran akan di-capture untuk dimasukkan ke back office Korlantas untuk divalidasi dan verifikasi. Selanjutnya pelanggar akan diminta membayar denda melalui rekening yang sudah ditentukan.

Tilang juga berlaku bagi seluruh kendaraan tanpa terkecuali, termasuk kendaraan berpelat nomor khusus seperti RFS dan RFQ. Namun bedanya, surat tilang akan dikirim ke instansi yang tertera di alamat kendaraan tersebut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini