Share

Deretan Mobil yang Hanya Dipajang di IIMS Hybrid 2022, Tak Bisa Dibeli!

Muhammad Farhan, Jurnalis · Sabtu 02 April 2022 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 02 52 2572003 deretan-mobil-yang-hanya-dipajang-di-iims-hybrid-2022-tak-bisa-dibeli-QiKvbmdF61.jpg Mobil DFSK Seres SF5 di IIMS Hybrid 2022 (MPI/Azhfar)

INDONESIA International Motor Show atau IIMS Hybrid 2022 berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat mulai 31 Maret hingga 10 April. Pameran ini turut memperkenalkan terobosan produk otomotif teranyar khususnya mobil listrik di Indonesia.

Tapi dari banyak produk otomotif yang dipamerkan, tidak semua dapat dibeli oleh pengunjung. Ada sederet mobil yang hanya dipajang saja untuk diperkenalkan kepada masyarakat.

Adapun ini daftar nama-nama merek dan jenis mobil yang ditampilkan sekadar pajangan:

1. Honda

PT Honda Prospect Motor Indonesia meluncurkan sejumlah produk mobil teranyarnya hingga menjadi primadona IIMS 2022 melalui Honda HR-V generasi terbaru. Selain HR-V yang sudah dipesan hingga 3000 unit secara daring, Honda Indonesia memperkenalkan calon mobil terbarunya yang berkonsep sport utility vehicle (SUV) RS concept.

 BACA JUGA: Daftar Mobil Baru Diperkenalkan di IIMS Hybrid 2022 dan Bisa Dibeli Langsung

Honda menampilkan SUV RS concept ini sebagai jawaban kebutuhan masyarakat Indonesia namun dalam bentuk mobil yang ringkas. Honda SUV RS concept tersebut dirancang untuk mampu menampung lima penumpang usia dewasa.

Meski menarik, Honda Prospect Motor Indonesia belum menyampaikan tanggal perilisan mobil SUV barunya secara resmi di jalanan aspal Indonesia.

2. Hyundai

Hyundai Indonesia turut menghebohkan ajang adu mobil listrik di IIMS 2022 kali ini. Melalui mobil Hyundai Ioniq 5 nya, PT Hyundai Motors Indonesia turut memeriahkan kendaraan hemat daya dan berorientasi pelestarian lingkungan.

Publik sempat dihebohkan oleh Hyundai Ioniq 5 dikarenakan adanya pernyataan Presiden Jokowi yang turut menyanjung mobil tersebut sebagai mobil listrik pertama made in Indonesia. Hyundai Ioniq 5 dibekali teknologi V2L (vehicle to load) yang mampu dimanfaatkan oleh penggunanya untuk memperoleh daya listrik mobil sebesar 3,6 kW yang dapat digunakan secara bebas untuk mengisi daya perangkat listrik seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah.

Akan tetapi dari sederet kehebatannya, Hyundai Ioniq yang dipajang di IIMS 2022 tersebut belum mendapatkan pengumuman harga jual resmi di pasaran. Dengan empat variannya, sementara ini Hyundai Ioniq 5 sudah dapat dipesan saja.

 BACA JUGA: Civic RS Jadi Mobil Sport Unggulan Honda di Ajang IIMS 2022, Intip Spesifikasinya

3. Toyota

Selain Honda, terdapat satu merek otomotif legendaris di Indonesia yang mampu menyedot perhatian publik. Merek Toyota, jika mengacu pada pernyataan promotor IIMS 2022, Hendra Noor Saleh, sebagai mobil sejuta umat di Indonesia.

Toyota menggebrak pembukaan IIMS melalui pengenalan mobil konsep Innova EV yang merupakan mobil listrik dengan jenis terpopulernya. Gebrakan Toyota Innova EV ini disertai dengan uji coba berkendara yang dilakukan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto usai membuka pameran IIMS 2022 tersebut.

Namun, meski sudah dipamerkan ke hadapan publik IIMS, Toyota Innova EV masih dalam tahap pengembangan dan sedang dilakukan studi perusahaan. Oleh karenanya, mobil anyar itu belum diungkap secara spesifikasi oleh pihak Toyota.

4. Chery

Salah satu perusahaan otomotif asal Tiongkok, Chery kembali hadir memeriahkan persaingan otomotif di Indonesia. Chery turut memperkenalkan mobil konvensionalnya dan tak lupa mobil listrik terbarunya ke Indonesia.

Dari sepersekian mobil yang ditampilkan, Chery cukup menyita perhatian melalui EQ1 yang mengedepankan konsep kendaraaan dengan energi terbarukan. Selain itu, dua model Chery yang berseri Tiggo yakni Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro menjadi produk andalan Chery untuk sekadar diperkenalkan saat ini.

5. Wuling

Selain Chery, pabrikan otomotif asal Tiongkok lainnya yakni Wuling memperkenalkan mobil-mobil barunya ke pasar publik Indonesia. Tema peluncuran Wuling kali ini memamerkan mobil listrik mini yang menggunakan platform global smart electric vehicle (GSEV) di Perhelatan IIMS 2022.

Namun meski membanggakan jenis mobil GSEV, Wuling belum mau memasarkan produk terbaiknya di pasar Indonesia. Tapi Wuling menjanjikan mobil mungilnya agar segera mengaspal di jalanan Indonesia tahun ini.

 Ilustrasi

6. DFSK

Setelah dua merek otomotif asal negeri Tirai Bambu, terdapat satu pabrik otomotif dari Tiongkok yang ikut memeriahkan IIMS. Perusahaan otomotif DFSK meski belum terlalu dikenal baik oleh publik tetapi animo masyarakat cukup tinggi di sekitar lokasi pamerannya.

DFSK melalui Sokonindo Automobile, ikut memajang produk anyarnya melalui mobil listrik series SF5 yang lagi-lagi masih sekadar pajangan untuk diperkenalkan ke publik.

Dari enam merek otomotif di atas, pabrikan otomotif asal Beijing justru paling dominan sebagai perkenalan di pasar kendaraan roda empat di Indonesia. Meskipun begitu, tampak antusias publik yang hendak ingin tahu lebih terhadap produk-produk otomotif bertenagakan listrik tersebut.

Selain keenam merek pabrikan otomotif yang ikut beradu gengsi produknya di IIMS 2022, tampak ada merek lainnya seperti Tesla, BMW, Mazda dan Suzuki. Namun merek otomotif keempatnya telah memiliki produk yang siap untuk dipasarkan beserta harga jual resminya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini