Share

Pahami Cara Kerja Thermostat Pada Sistem Pendingin Mobil

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 03 April 2022 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 02 52 2572152 pahami-cara-kerja-thermostat-pada-sistem-pendingin-mobil-AF3TcEiwI6.jpg Mesin mobil (Istimewa)

CARA kerja thermostat pada sistem pendingin mobil. Thermostat adalah komponen penting dalam mesin mobil. Elemen ini terletak di bagian sistem pendinginan mesin kendaraan mobil.

Thermostat termasuk komponen kecil dari mobil yang bentuknya mirip selongsong dengan memiliki bagian berulir yang mengitari. Umumnya, thermostat berwarna keemasan di bagian yang panjang, serta warna perak pada bagian ulirnya.

Thermostat berfungsi untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin dari radiator agar tetap berada di suhu ideal serta tidak overheat. Komponen ini akan menjaga suhu mobil tetap berada di antara 80-92 derajat Celcius. Pasalnya, pada suhu tersebut, mesin menghasilkan pembakaran maksimal dan efisien dalam pemakaian bahan bakar.

Lalu, bagaimana cara kerja thermostat sebagai pengatur sirkulasi cairan pendingin mesin mobil? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Cara kerja thermostat dalam mesin kendaraan

Seperti dijelaskan sebelumnya, komponen kecil ini bertanggung jawab mengatur suhu. Sehingga tugasnya membuka katup penutup aliran untuk membiarkan air pendinginan menangkap suhu panas mesin melalui aliran yang telah disediakan.

Air pendinginan yang keluar melalui radiator akan mengalir di sepanjang aliran yang mengitari mesin. Dengan begitu, suhu panas pun bisa terserap optimal.

Air yang mengangkut suhu panas tersebut akan kembali ke radiator untuk didinginkan sebelum kembali mengalir lagi. Sebaliknya, thermostat akan menutup katup saat mesin mobil belum mencapai suhu 80 hingga 92 derajat Celcius untuk menghindari proses pemanasan yang lama.

Pasalnya, ketika thermostat tidak menutup katup aliran, air secara otomatis bakal mengalir mengitari mesin dan menyerap suhu panasnya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan mesin membutuhkan waktu lama untuk mencapai suhu idealnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya pemilik tidak mengutak-atik atau bahkan mencopotnya, mengingat fungsi thermostat adalah krusial bagi mesin. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini