Share

Memahami Perbedaan Mesin SOHC dan DOHC pada Mobil

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 03 April 2022 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 02 52 2572155 memahami-perbedaan-mesin-sohc-dan-dohc-pada-mobil-c1YwzrhG1y.jpg Foto Auto2000.com

PERBEDAAN SOHC dan DOHC cukup signifikan. Mesin SOHC (Single Overhead Camshaft) dan DOHC (Double Overhead Camshaft) merupakan teknologi mengubah kepala silinder mesin OHV (Over Head Valve) yang awalnya penempatan camshaft ada di bawah kat.

Perlu diketahui, pengganti mesin OHV yang pertama kali muncul adalah SOHC yang memindahkan posisi camshaft ke atas. Kemudian dilanjutkan dengan teknologi DOHC yang memiliki dua camshaft.

Lantas, apa perbedaan dari mesin SOHC dan DOHC? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Terdapat dua perbedaan yang sangat signifikan, perbedaan itu ada pada camshaft dan jumlah katup atau klep.

1. Camshaft

Camshaft yang ada pada SOHC memang hanya ada satu yang digunakan mesin. Pada dasarnya camshaft yang ada di mesin SOHC berada di tengah kepala silinder.

Sedangkan di DOHC ada dua camshaft yang dimaksimalkan. Masing-masing camshaft langsung menggerakkan dua katup atau lebih sekaligus.

Untuk camshaft pertama berguna untuk mengatur dua katup pintu gerbang campuran udara dan bensin ke dalam ruang bakar. Sedangkan camshaft kedua untuk jalur keluarnya gas buang.

2. Jumlah Katup atau Klep

Di bagian kepala silinder mesin, SOHC menggerakkan katup atau klep dengan durasi buka-tutup tertentu. Biasanya klep tersebut berjumlah genap.

Masing-masing katup memiliki tugas berbeda. Katup pertama berguna untuk mengatur bahan bakar yang masuk. Untuk katup kedua berfungsi untuk mengatur keluarnya semburan gas buang. Pengaturan dari setiap katup digerakkan oleh rocker arm yang langsung terhubung dengan camshaft.

Meskipun SOHC terhitung lebih kuno, teknologi ini masih relevan dipakai hingga kini. Bahkan jumlah katupnya tidak hanya dua, melainkan empat atau kelipatan genap seterusnya.

Sedangkan pada DOHC yang menggunakan dua katup sekaligus, kapasitas yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak. Jalur gas buang yang lebih banyak juga membuat mesin lebih dingin.

Inilah yang membuat mesin DOHC lebih unggul. Akselerasi yang diberikan juga lebih baik dan optimal

Demikian perbedaan mesin SOHC dan DOHC pada mobil. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini