Share

5 Tanda Filter Oli Mobil Harus Segera Diganti

Andaru Danurdana, MNC Portal · Selasa 05 April 2022 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 52 2573522 5-tanda-filter-oli-mobil-harus-segera-diganti-SUrFUyvTBw.jpg Filter oli (Calsi)

FILTER oli pada mesin mobil adalah komponen penting untuk memastikan kebersihan oli sebelum masuk ke bagian dalam mesin. Dengan adanya filter ini, benda asing seperti debu, metal, dan jelaga bisa disaring dan tak mengganggu kelancaran kerja mesin.

Namun, sebagai penyaring kotoran, ada kalanya filter oli perlu diganti karena sudah terlalu penuh endapan. Biasanya, ketika filter oli sudah minta diganti, muncl tanda-tanda berikut pada kendaraan kesayangan.

1. Tekanan Oli Menurun

Jika filter oli sudah tersumbat oleh banyak endapan, maka tekanan oli di bagian dalam mesin akan menjadi berkurang. Hal ini biasanya ditunjukkan oleh indikator tekanan oli di bagian dasbor mobil.

Jika tekanan oli dirasa menurun, maka pelumasan bagian dalam mesin akan menjadi tidak maksimal dan mengakibatkan komponen mesin tak bisa bekerja dengan lancar.

2. Bunyi Gesekan Logam

Ketika tekanan oli tak konsisten dan pelumasan tak merata, mesin mobil akan bekerja secara tersendat-sendat.

Akibatnya, akan terdengar suara gesekan logam yang keras dan kasar; satu lagi penanda bahwa filter oli harus segera diganti demi memperlancar aliran oli ke dalam bagian internal mesin.

3. Mesin Terlalu Panas

Logam mesin yang bergesekan tanpa pelumas akan mengakibatkan panas tinggi yang bisa mengacaukan kinerja mobil. Ketika filter oli tersumbat dan minta diganti, biasanya mesin akan terasa lebih panas dari biasanya usai penggunaan. Jika dibiarkan, mesin bisa mengalami kecacatan.

4. Performa Menurun

Pelumasan tidak sempurna, dan mesin yang bekerja dengan tersendat-sendat, akan membuat performa mobil terasa menurun.

Ketika mobil terasa sulit bekerja maksimal, hal tersebut bisa dianggap sebagai satu lagi tanda-tanda filter oli perlu diganti.

Ilustrasi

5. Asap Knalpot Kotor

Tanda filter oli perlu diganti yang terakhir adalah asap kotor. Jika asap knalpot keluar berwarna hitam, itu artinya ada masalah pada sistem pembakaran mobil dan ada banyak komponen yang harus diperiksa; salahsatunya filter oli.

Selain asap yang kotor, filter oli tersumbat juga ditandai dengan bau oli terbakar yang menguar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini