Share

Ketahui Penyebab Koil Tidak Mengeluarkan Api Pada Mobil

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 07 April 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 52 2574280 ketahui-penyebab-koil-tidak-mengeluarkan-api-pada-mobil-p5sIR1ouEE.jpg Mesin mobil (Auto Guide)

PENYEBAB koil tidak mengeluarkan api harus anda ketahui. Pasalnya jika hal ini terjadi, maka dapat mengindikasikan bahwa adanya komponen pada mesin mobil anda yang mengalami kerusakan.

Sekedar informasi, koil adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi penting pada sistem perapian kendaraan bermotor, seperti mobil dan juga motor. Fungsinya adalah untuk menaikan tegangan listrik dari aki, CDI, atau ECM, lalu diteruskan ke busi. Busi inilah yang berfungsi mengeluarkan percikan api untuk pengapian.

 BACA JUGA: Kenali Komponen dan Fungsi Koil Mobil, Jangan Disepelekan Ya!

Lantas, apa penyebab koil tidak mengeluarkan api? Berikut penjelasannya.

Penyebab Koil Tidak Mengeluarkan Api

Koil dan busi pada mobil saling berhubungan. Jadi jika busi tidak dapat mengeluarkan percikan bunga api, anda bisa mengecek pada bagian koilnya. Namun, jika koil dapat bekerja dengan normal namun busi tidak dapat mengeluarkan percikan bunga api, maka anda harus mengecek bagian busi atau bagian lainnya.

 

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah adanya kabel busi yang terputus. Permasalahan yang sering muncul ini dapat mengakibatkan koil mengalami kebocoran dan busi tidak dapat mengeluarkan percikan bunga api. Jika sudah begitu, maka api koil akan mati katika kondisi mesin kendaraan mulai memanas.

 BACA JUGA: 5 Ciri-Ciri Koil Lemah atau Rusak pada Mobil, Berikut Solusinya

Cara untuk mengatasinya adalah dengan memberikan lap basah sebagai kompres pada koil mobi.

Pernyabab selanjutnya adalah adanya kerak pada kabel dan kontak penghbung. Kerak akan menghalangi aliran listrik dari koil menuju kompnen busi.

Efeknya adalah busi tidak akan menghasilkan bunga api sehingga tidak akan ada proses pengapian, sehingga akan berdampak pada fungsi starter dan beberapa komponen lain.

Kondisi ini jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan keretakan. Keretakan ini dapat mengakibatkan overheat dan dinding pada sekitar koil rusak.

 Ilustrasi

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti koil mobil yang telah rusak dengan koil yang baru.

Itulah beberapa hal penyebab koil tidak mengeluarkan api pada mobil. Sebagai pengguna mobil sebaiknya anda mewaspadai hal ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini