Share

Tips Merawat Mobil Hybrid, Jangan Sampai Salah Ya!

Tangguh Yudha, MNC Portal · Senin 11 April 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 87 2576095 tips-merawat-mobil-hybrid-jangan-sampai-salah-ya-wOVBw5Bds2.jpg Mobil hybrid (dok The Verge)

MOBIL hybrid dengan mobil konvensional jelas berbeda, begitupun dengan perawatannya. Banyak asumsi bahwa mobil hybrid lebih sulit perawatannya dan juga lebih banyak memakan biaya.

Padahal sebenarnya hal tersebut tidaklah selalu benar. Mobil hybrid memerlukan biaya perawatan yang cukup besar hanya saat mengalami masalah atau kerusakan yang berat, misalnya masalah pada komponen baterai.

Nah agar terhindar dari masalah ini dan mesin mobil hybrid lebih awet, ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan. Berikut tipsnya dilansir dari laman resmi Nissan:

1. Jangan cuci mesin mobil hybrid sembarangan

Jangan pernah mencuci mesin mobil secara sembarangan. Mencuci mesin mobil hybrid secara sembarangan berpotensi menimbulkan kerusakan pada bagian mesin.

Air yang digunakan untuk mencuci akan memungkinkan gangguan terjadi pada komponen yang ada di dalam mesin. Pastikan untuk mencuci bagian mesin secara hati-hati dan teliti agar tak terjadi kerusakan.

 infografis

2. Selalu periksa baterai

Baterai adalah salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan pada mobil hybrid. Sistem kelistrikan adalah bagian terpenting yang harus selalu diperhatikan jika tak ingin mobil bermasalah.

Memeriksa kondisi baterai secara berkala adalah salah satu pilihan tepat agar sistem kelistrikan selalu terjaga. Selain itu, mengganti air baterai secara berkala juga harus dilakukan agar baterai tetap awet dan tahan lama.

3. Periksa sistem pendingin mobil secara berkala

Mobil hybrid juga menggunakan radiator sebagai sistem pendingin mesin mobil. Radiator adalah salah satu komponen mesin terpenting yang ada pada mobil hybrid.

Awasilah selalu cairan pendingin yang ada di dalam radiator dan jangan ragu untuk melakukan pengisian ulang ketika dibutuhkan. Selain itu, kebersihan radiator juga perlu untuk selalu dijaga agar tidak ada jamur yang dapat mengganggu sistem kerja mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini