Share

Taksi Terbang Akan Warnai Langit Indonesia, Dipesan 100 Unit Loh

Dani M Dahwilani, iNews · Senin 11 April 2022 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 52 2576701 taksi-terbang-akan-warnai-langit-indonesia-dipesan-100-unit-loh-5wI6hXWrOU.png Taksi terbang Ehang di IIMS 2022 (MPI/Azhfar)

INDONESIA melalui Prestige Aviation melakukan pre-order taksi terbang asal China EHang 216 sebanyak 100 unit. Ini dilakukan setelah flight demo kendaraan udara otonom (Autonomous Aerial Vehicle/AAV) ini sukses dilakukan Bali, pada November 2021.

Perjanjian pre-order 100 unit EHang 216 digelar dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, disaksikan Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

infografis

Ini menjadikan Prestige Aviation sebagai perusahaan pertama Indonesia yang membawa kendaraan udara otonom.

Executive Chairman Prestige Aviation, Rudy Salim mengatakan, langkah ini sejalan dengan program pemerintah yang mendorong kendaraan ramah lingkungan melalui elektrifikasi. Kendaraan ini cocok dengan wilayah Indonesia yang berpulau-pulau.

“Harapannya kami dapat memenuhi kebutuhan transportasi udara di Indonesia. Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan. Adanya transportasi udara yang memfasilitasi mobilitas antar-pulau akan membantu pertumbuhan perekonomian tiap daerah, apalagi cost yang dikeluarkan terbilang murah dibandingkan dengan menempuh perjalanan melalui jalur darat. Era baru mobilitas udara telah dimulai, selamat datang di masa depan," ujarnya.

Sebelumnya, dalam demonstrasi taksi terbang EHang 216 berhasil mengudara dengan ketinggian 300 meter mengitari pulau Bali, tanpa awak dan penumpang. Uji terbang ini meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat terhadap kendaraan udara otonom. EHang 216 diklaim memiliki beberapa keunggulan dibandingkan helikopter biasa.

Biaya perbaikan dan pemeliharaannya lebih rendah. Selain itu, suaranya lebih senyap dan berukuran kompak sehingga mudah lepas landas atau mendarat. Terlebih, kendaraan udara otonom ini bebas emisi, alias 100 persen listrik sehingga lebih ramah lingkungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini