Share

Fungsi Throttle Position Sensor, Nomor 1 Bisa Tahu Kondisi Kendaraan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 12 April 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 52 2576995 fungsi-throttle-position-sensor-nomor-1-bisa-tahu-kondisi-kendaraan-OSel09jKxN.jpg Fungsi throttle position sensor pada mobil (Foto Suzuki)

BERAGAM fungsi throttle position sensor pada komponen mesin mobil perlu diperhatikan. Adapun throttle position sensor atau sensor TPS merupakan komponen mobil yang terhubung dengan bagian katup gas (throttle gas).

Komponen ini menyatu pada bodi throttle dan selalu terhubung dengan throttle valve (katup gas).

Beragam fungsi throttle position sensor pada komponen tergantung dari jenis mobil yang Anda miliki. Secara umum terdapat tiga jenis sensor TPS yang sering digunakan seperti jenis variabel resistor lalu kedua jenis kontak poin dan ketiga adalah jenis kombinasi (memadukan variabel resistor dan kontak poin).

 BACA JUGA: Kenali Throttle Body di Motor Injeksi dan Fungsi Pentingnya

Fungsi yang utama adalah mendeteksi adanya perubahan pada throttle gas. Sensor ini bertugas untuk memastikan throttle gas tetap pada posisi serta sudut bukaan yang sesuai.

Apabila terjadi pergeseran, maka sensor akan mengirimkan sinyal elektrik yang dikirim ke ECU (Electronic Care Unit). Setelah sinyal tersebut diproses, kemudian akan dilakukan injeksi atau suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar.

Di samping itu, Berikut fungsi lain sensor throttle position sensor atau dikenal TPS :

1. Memberikan informasi kondisi kendaraan

Sensor TPS bisa mengetahui posisi serta kondisi mesin dengan adanya perubahan kondisi pada katup throttle.

 

Hal itu terjadi ketika katup gas terbuka secara penuh, setengah sampai dengan menutup sepenuhnya.Saat katup terbuka penuh maka maka akselerasi meningkat.

Sedangkan pada saat katup tertutup penuh mesin akan mati. Pada saat katup terbuka setengah maka kondisi mesin ada di putaran menengah.

2. Bisa mengoreksi bahan bakar dan udara

Fungsi TPS akan bekerja dalam memberikan koreksi berupa perbandingan campuran bahan bakar dan udara. Informasi yang diperoleh TPS akan digunakan untuk mengoreksi campuran udara dan juga bahan bakar.

Seperti contoh ketika katup gas terbuka penuh maka bahan bakar yang dibutuhkan pun juga meningkat. Sedangkan, katup terbuka sedikit maka bbm yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Tujuannya agar jumlah udara dan bahan bakar yang masuk seimbang. Dengan begitu pembakaran yang berlangsung dapat menciptakan tenaga sempurna.

3. Memberikan kontrol bahan bakar

Fungsi throttle position sensor nantinya akan mengontrol kerja dari injector. Ketika katup gas terbuka dan sensor memberikan sinyal demikian maka injektor akan menyala dalam waktu lebih lama.

Begitu juga ketika sensor menyatakan bahwa katup gas terbuka sedikit, injektor menyala sebentar.

Ilustrasi

4. Bisa atur pengaturan AC

Mematikan atau menghentikan switch AC dan kontrol emisi bisa dilakukan oleh sensor throttle position sensor atau sensor TPS . Informasi yang diperoleh TPS nantinya akan digunakan menghentikan atau mengontrol emisi gas buang.

Contohnya saja ketika beban sudah berlebihan maka supaya tenaga yang bekerja lebih maksimal, switch AC akan mati secara otomatis. Efeknya adalah supaya performa mesin tetap terjaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini