Share

Heboh Mobil Pemudik Tersesat Masuk Hutan, Yuk Kenali Sederet Gangguan Konsentrasi Saat Berkendara

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Selasa 12 April 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 52 2577440 heboh-mobil-pemudik-tersesat-masuk-hutan-yuk-kenali-sederet-gangguan-konsentrasi-saat-berkendara-Lm82eUZiSB.jpg Mobil pemudik tersesat di hutan (dok iNews/Yunibar)

PERISTIWA ganjil dialami pengemudi mobil Daihatsu Xenia Nopol D 1866 OE pada Minggu 10 April 2022. Mobil tersesat hingga pinggiran Sungai Pemali, Desa Pamulihan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Lokasi berada di tengah persawahan yang jauh dari permukiman warga. Di lokasi tidak terlihat ada akses jalan beraspal yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Akses jalan hanya bebatuan tidak rata dan dipenuhi rumput liar.

Pengemudi mobil, Dian Wijaya Kusuma (40) warga Bandung, Jawa Barat bersama istrinya, sedang mudik ke Desa Tamukerep, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Marjuki, salah seorang warga yang merekam kejadian tersebut mengatakan, ia sempat berbincang dengan pengemudi mobil yang bersangkutan.

infografis

“Sopir mengaku mengemudikan mobil di jalan tol, namun tiba-tiba seperti dijatuhkan hingga masuk ke pinggir Sungai Pemali,” kata Marjuki.

Lokasi mobil yang tersesat berada sekitar 3 kilometer dari jalan utama Pejagan-Prupuk. Sedangkan akses menuju lokasi hanya bisa dilalui sepeda motor. Itu pun sangat sulit karena jalan berbatu.

Adapun Ratmo, bapak mertua sopir memaparkan, menantunya kerap halusinasi karena mengalami gangguan jiwa sejak lama.

“Jadi sering berimajinasi tentang dunia dan galaksi lain,” kata Sutikno.

Perlu dicatat, mengemudi merupakan aktivitas yang menuntut konsentrasi tinggi. Alasan ini, idealnya pengemudi harus sehat jasmani dan rohani.

Untuk itu, yuk kenali sederet gangguan konsentrasi saat berkendara dilansir dari laman Hyundai Mobil:

1. Minum alkohol dan obat

Pengemudi dilarang meminum alkohol dan obat-obatan terlarang karena dapat menimbulkan halusinasi dan menghilangkan konsentrasi mengemudi. Akibatnya fatal, baik bagi diri Anda, juga orang lain sebagai pengguna jalan.

2. Main ponsel

Pengemudi dilarang menggunakan handphone saat mengemudi, baik itu untuk menelepon atau sekedar mengupdate status media sosial. Kalau Anda ingin menelepon atau menerima telepon sekarang sudah banyak peranti yang memudahkan hal itu saat sedang mengemudi. Ada fitur Bluetooth yang bisa dihubungkan ke sistem audio mobil Anda, atau juga menggunakan wireless headset, sehingga pandangan dan konsentrasi Anda tidak terganggu oleh handphone yang harus diletakkan di telinga.

3. Barang di dashboard

Perhatikan juga saat meletakkan barang-barang Anda di dashboard mobil. Misalnya memajang mainan mobil atau diecast di atas dashboard mobil atau handphone juga dompet. Misalkan terjadi pengereman mendadak pasti semua barang yang ada di atas dashboard itu juga pasti akan bergeser. Kalau jatuhnya ke sisi penumpang sih tidak terlalu jadi masalah. Tapi kalau jatuhnya ke sisi pengemudi pasti akan mengakibatkan hilangnya konsentrasi dan bisa menyebabkan celaka.

4. Makan di mobil

Seringnya makan dan minum sambil mengemudi. Biasanya hal ini dilakukan tanpa disadari akan bahaya yang mengancam. Tak heran masih banyak orang yang masih menyepelekan hal ini.

Sebenarnya mengemudi kendaraan sambil makan atau minum itu berbahaya. Bahkan sama bahayanya dengan mengemudi sambil menulis SMS atau menelpon. Mengemudi sambil makan atau minum dapat mengganggu konsentrasi, karena akan memperlambat kendaraan hanya agar konsentrasi dengan makanan atau minuman.

Sebelum memutuskan untuk mengemudi adalah meyakinkan diri apakah Anda fit untuk mengemudi atau tidak. Kalau tidak fit, lebih baik jangan berada di balik kemudi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini