Share

Simak 5 Tips Hemat BBM Saat Mudik Lebaran Menggunakan Mobil

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 12 April 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 52 2577754 simak-5-tips-hemat-bbm-saat-mudik-lebaran-menggunakan-mobil-RPm6ddYNWl.jpg Ilustrasi mudik pakai mobil (Okezone)

TIPS hemat BBM saat mudik lebaran menggunakan mobil menarik untuk dikupas. Setelah dua tahun terakhir pemerintah mengtiadakan mudik lebaran dikarenakan pandemi Covid-19, tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan adanya mudik lagi.

Bagi sebagian orang yang merantau, momen mudik Lebaran menjadi suatu hal yang dinanti-nanti. Pasalnya, setelah sekian lama tidak bertemu keluarga, di momen Lebaran semua keluarga akan berkumpul. Ada sebagian orang yang memilih mudik menggunakan transportasi umum agar hemat, namun ada juga yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi.

 BACA JUGA: Heboh Mobil Pemudik Tersesat Masuk Hutan, Yuk Kenali Sederet Gangguan Konsentrasi Saat Berkendara

Bagi anda yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi, berikut adalah tips hemat BBM saat mudik lebaran menggunakan mobil.

Tips hemat BBM saat mudik lebaran menggunakan mobil

1. Buat Rencana Rute Perjalanan

Sebelum berangkat, pastikan anda membuat rencana rute perjalanan anda. Mulai dari jalan mana yang akan anda lewati hinggan kapan anda harus berhenti untuk beristirahat dan mengecek kendaraan sebelum mulai perjalanan kembali. Dengan perencanaan ini anda dapat mengestimasi berapat besar BBM yang anda butuhkan.

2. Menjaga Tekanan Ban 

Mengecek kendaraan sebelum digunakan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Terutama pada bagian ban.

3. Gunakan BBM dengan Oktan yang Sesuai 

Mesin mobil dengan oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrik dapat bekerja dengan baik. Kecuali jika muncul bunyi knocking. Namun, performa mesin mobil dan konsumsi bbm akan lebih hemat jika menggunakan oktan sesuai rekomendasi pabrik.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Menjaga Putaran Mesin

Untuk mobil manual, gunakan pemindahan gigi sesuai yang dibutuhkan dan jangan lakukan perpindahan gigi pada garis merah ataupun terlalu rendah. Jika putaran mesin terlalu tinggi, suplay BBM juga akan semakin banyak. Namun, jika terlalu rendah butuh injakan pedal gas yang lebih agar kecepatan bertambah.

  Ilustrasi

5. Mengemudilah dengan Cerdas

Saat berada di jalan tol, usahakan untuk stabil dalam kecepatan 60-70 km/jam. Kecepatan ini cukup ideal untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar mobil anda.

Demikian tips hemat BBM saat mudik lebaran menggunakan mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini