Share

Mau Jadi SPG Pameran Otomotif? Ini 6 Syarat yang Harus Dipenuhi

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 86 2577735 mau-jadi-spg-pameran-otomotif-ini-6-syarat-yang-harus-dipenuhi-tmX6DUIbrH.jpg SPG di pameran GIIAS 2019 (Okezone.com/Arif)

PAMERAN otomotif biasanya menyedot banyak pengunjung. Daya tariknya bukan produk-produk otomotif, tapi juga kehadiran wanita-wanita cantik dan seksi sebagai sales promotion girl (SPG) atau usher.

Senyum ramah dalam melayani membuat pengunjung booth di pameran merasa nyaman.

SPG memang dipilih bukan hanya sekadar cantik dari segi fisik saja dan berpenampilan menarik, tapi juga punya kriteria khusus. Karenanya mereka biasanya mendapat bayaran menggiurkan untuk bekerja. Rela berdiri lama untuk melayani.

 BACA JUGA: Harus Berdiri Berjam-jam Sambil Tersenyum, Ternyata Segini Bayaran SPG Cantik IIMS 2022

Apa saja syarat jadi SPG di pameran otomotif?

1. Pendidikan

Seorang SPG di pameran otomotif biasanya direkrut dengan harus memenuhi kriteria pendidikan minimal SMA/Sederajat. Ada juga yang mensyaratkan harus diploma.

2. Wanita atau Laki-laki

 

Tak hanya wanita saja, laki-laki juga bisa menjadi usher. Tugasnya pun sama, yakni mempromosikan jenis atau brand otomotif yang dipamerkan di pameran.

Memang kebanyakan perempuan yang menjalankan pekerjaan satu ini. Namun laki-laki pun sama lho, dan Anda juga bisa menemukannya saat di pameran-pameran otomotif.

 

3. Berpenampilan Menarik

Manjadi usher atau SPG tentunya harus memiliki penampilan yang menarik. Hal ini berkaitan dengan strategi marketing yang dilakukan masing-masing brand.

 BACA JUGA: Kisah SPG Cantik IIMS Hybrid 2022, Rela Berdiri Berjam-jam Pakai High Heels hingga Digoda Pengunjung

Misalnya seorang muslim SPG, tinggi badannya harus mumpuni, cantik, menarik, wangi, make up harus tetap stay dan diharuskan memakai heels sedikitnya 5 jam nonstop yang tentunya akan membuat kaki jadi pegal.

4. Usia

SPG pameran otomotif biasanya dibatasi usia. Umumnya di bawah 30 tahun sehingga terlihat masih energik.

5. Komunikasi Baik dan Pintar Marketing

Menjadi seorang SPG tentunya Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik, apalagi bisa berbahasa asing itu jadi nilai plus. Kemudian pintar dalam strategi marketingnya, karena salah satu tugas pentingnya adalah dapat mempromosikan produk yang dijual.

Oleh karena itu jika Anda bertanya-tanya soal mobil, mereka bisa lihai dan fasih menjelaskannya. Mulai dari performa, model, keunggulan, hingga perbandingan harga di pasaran.

 Ilustrasi

6. Profesional

Cantik dan menarik adalah salah satu nilai plus dari SPG. Akan tetapi tak jarang juga dari mereka malah menerima perlakuan nakal dari sebagian pengunjung. Misalnya dirasakan oleh Gieya Alexandra, SPG salah satu mobil asal Jepang itu punya pengalaman yang tidak menyenangkan.

"Macam-macam (bentuk godaannya). Kalau hanya minta foto bareng saja sih oke. Tapi kalau minta nomelor kontak ya aku tolak. Paling aku kasih akun Instagram aku," ujarnya seperti dikutip dari channel YouTube iNews id.

Oleh karena itu ia tetap harus mencoba menjaga jarak, dari beberapa pengunjung yang berperilaku tidak menyenangkan. Namun di sisi lain juga harus tetap profesional, melayani dengan sepenuh hati untuk menawarkan produk yang dipamerkan dan dijualnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini