Share

Cara Ganti Plat Nomor Kendaraan di Daerah Lain

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 13 April 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 87 2577487 cara-ganti-plat-nomor-kendaraan-di-daerah-lain-JEK4qvzIBs.jpg Plat Nomor Mobil Ilustrasi (dok Freepik)

BAGI kamu yang ingin mengganti plat nomor kendaraan di daerah lain tak perlu khawatir karena caranya sendiri cukup mudah.

Yang terpenting, kamu harus mengirimkan hasil cek di SAMSAT terdekat ke SAMSAT daerah asal kendaraan.

Selain itu, kalian juga perlu memiliki beberapa dokumen yang wajib dipersiapkan demi memudahkan proses ganti plat nomor. Dokumen-dokumen tersebut seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, serta BPKB asli dan fotokopi.

infografis

Mobil yang akan diganti platnya juga harus ikut dibawa ke SAMSAT. Kalian harus memastikan bahwa nama yang ada di dalam KTP dengan STNK harus sama.

Hal ini perlu diperhatikan agar proses penggantian berjalan lancar, karena kalau tidak, SAMSAT memiliki hak untuk menolak proses permintaan penggantian plat nomor kendaraan.

Nah, setelah menyiapkan seluruh dokumen dan membawa kendaraan ke SAMSAT, mengganti plat nomor kendaraan di daerah lain sudah dapat dilakukan.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir dari laman resmi Auto2000:

1. Datang ke SAMSAT dengan membawa seluruh dokumen persyaratan secara lengkap sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Mobil yang akan berganti plat nomor juga harus dibawa ke SAMSAT. Jangan sampai melupakan hal ini karena diperlukan pengecekan lebih dalam terkait mobil tersebut.

3. Datangi loket pendaftaran cek fisik untuk melakukan pengecekan fisik bersama petugas SAMSAT. Tunggu giliran dengan mengantre terlebih dahulu.

4. Cek fisik kendaraan akan dilakukan oleh petugas SAMSAT dengan pengawasan dari kalian sendiri. Jika cek fisik sudah selesai, berikan seluruh dokumen yang sudah dibawa serta hasil cek fisik ke bagian legalisir. Selain itu kalian perlu mengisi formulir yang disediakan juga.

5. Selanjutnya berikan berkas hasil cek fisik ke SAMSAT daerah asal mobil tersebut. Untuk langkah ini, sebaiknya meminta bantuan orang terdekat atau pihak lain di daerah asal mobil agar bisa melanjutkan prosesnya di SAMSAT.

6. Sekarang kalian hanya perlu menunggu plat nomor baru dan STNK dikirimkan dari daerah asal.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini