Share

Persiapan Mudik Lebaran 2022, Begini Tips Agar Mobil Tak Boros Bensin

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 52 2580639 persiapan-mudik-lebaran-2022-begini-tips-agar-mobil-tak-boros-bensin-1oHY726xLa.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

JELANG perayaan Idul Fitri 2022, mudik menjadi rutinitas tahunan yang dilakukan oleh warga Indonesia yang berada di perantauan. Biasanya mereka akan membawa mobil pribadi untuk sampai ke kampung halaman.

Namun mudik dengan mobil pribadi terkenal menguras biaya yang tidak sedikit. Apalagi saat ini harga bahan bakar minyak jenis Pertamax mengalami kenaikan. Dapat dipastikan pengeluaran bakal lebih besar dari tahun sebelumnya.

Untuk Anda yang ingin tetap mudik menggunakan mobil pribadi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar selama perjalanan.

Berikut tips biar mobil tidak boros dalam perjalanan mudik lebaran yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Kurangi Penggunaan AC

Demi menghemat bensin, usahakan penggunaan AC dikurangi. AC bisa digunakan saat berada di jalanan yang macet atau padat merayap, sementara saat berada di jalanan yang lancar, AC bisa dimatikan dan memilih untuk membuka jendela.

infografis

2. Jangan Ngebut

Selama perjalanan usahakan kecepatan mobil tidak lebih dari 80 kilometer per jam. Pasalnya, semakin cepat putaran mesin, semakin banyak juga bahan bakar yang terbuang hingga akhirnya mobil pun akan boros bensin. Melakukan perjalanan mudik dengan santai juga akan mengurangi risiko kecelakaan, dan membuat suasana mudik jadi lebih menyenangkan.

3. Kurangi Muatan

Sebaiknya bawa barang yang dibutuhkan saja. Pasalnya, semakin banyak barang yang dibawa, semakin besar pula beban mobil yang tetntunya ini akan membuat bensin lebih boros. Membawa beban berlebih dalam mobil pun bisa berbahaya bagi keselamatan. Sebelum berangkat, pastikan barang yang dibawa benar-benar dibutuhkan.

4. Pastikan Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban merupakan hal sederhana yang perlu diperhatikan agar mudik dengan mobil pribadi tetap irit. Tekanan angin yang tepat sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Pastikan seluruh ban tidak mengalami kekurangan angin.

5. Jangan Terlalu Banyak Berhenti

Jangan terlalu banyak berhenti karena menghidupkan dan mematikan mesin mobil bisa membuat bensin lebih cepat habis. Untuk itu, pastikan menguasai rute alternatif dan berhentilah saat dibutuhkan misalnya 2 jam sekali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini