Share

Tips Beli Motor Secara Kredit Bagi Pemula, Ikuti 4 Langkah Ini

Andaru Danurdana, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 53 2580781 tips-beli-motor-secara-kredit-bagi-pemula-ikuti-4-langkah-ini-VeLtlk6vws.jpg Ilustrasi (Okezone)

PUNYA sepeda motor kini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebagai kendaraan yang diinginkan banyak orang, pembelian secara kredit pun banyak dilakukan demi meringankan beban pengeluaran bulanan.

Meski menggiurkan, beli motor secara kredit juga perlu kehati-hatian. Pasalnya, tak semua pengajuan kredit motor dapat disetujui oleh penyedia; dan tak semua jenis motor cocok untuk dibeli dengan sistem kredit.

Bagi pemula yang ingin beli motor dengan sistem kredit, berikut ini MNC Portal berikan beberapa tips yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Pilih Jenis Motor

Tips yang pertama untuk beli motor secara kredit adalah memilih jenis motor dengan seksama. Bagi pemula, baiknya pilih jenis motor yang mudah ditemui di jalan raya karena umumnya dibanderol dengan harga terjangkau, punya pilihan angsuran yang lebih ringan tiap bulannya, dan mudah dijual kembali di kala kepepet.

2. Pilih Kredit dengan Uang Muka Besar

Tips beli motor secara kredit yang ke-dua adalah memilih sistem kredit dengan uang muka yang besar. Selain lebih mudah disetujui oleh pihak penyedia karena menunjukkan keseriusan, kredit dengan uang muka besar juga bisa meringankan cicilan yang perlu dibayarkan di bulan-bulan berikutnya.

3. Pilih Kredit Tenor Pendek

Tips berikutnya dalam membeli motor secara kredit adalah memilih tenor alias jangka waktu pendek. Biasanya, penyedia jasa kredit akan lebih mudah menyetujui tenor pendek yang berkisar di antara satu hingga dua tahun karena menunjukkan kemampuan menabung serta keseriusan sang pihak pembeli.

4. Perhatikan Syarat Kredit

Tips membeli motor secara kredit yang terakhir adalah memahami persyaratan mengajukan kredit; di antaranya adalah lolos BI Checking untuk memastikan tak pernah mengalami masalah kredit, berusia cukup dan memiliki pendapatan untuk memastikan konsistensi angsuran, dan juga punya dokumen yang dibutuhkan untuk urusan legalitas.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini