Share

Bolehkah Pakai Ban Mobil Beda Merek?

Andaru Danurdana, MNC Portal · Rabu 20 April 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 52 2581569 bolehkah-pakai-ban-mobil-beda-merek-BIVoZLAOUu.png Ban mobil (Pixabay)

BAN adalah salahsatu komponen mobil yang paling penting. Sebagai penghubung langsung antara bodi mobil dengan jalanan, ban tentunya memerlukan perawatan agar kenyamanan berkendara tetap terjaga; terutama ketika ban sudah mulai aus dan usang.

Meski penting, ada satu hal yang kerap menghalangi pemilik mobil dari mengganti ban yaitu budget alias biaya. Melihat banyaknya ban baru yang dibanderol dengan harga lumayan tinggi, banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih untuk membeli ban bekas layak pakai untuk mengganti ban mereka yang berkondisi lebih buruk.

Namun, karena kecilnya kemungkinan menemukan ban bekas layak pakai yang tersedia dalam satu set, banyak pemilik kendaraan terpaksa menggunakan ban dengan merek berbeda di mobil mereka. Pertanyaannya, bolehkah?

Melansir dari laman Toyota, menggunakan ban dengan merek berbeda di satu mobil sejatinya sah-sah saja. Namun, hal ini tak selamanya disarankan; perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan agar membeli dua ban dengan karakter yang sama supaya seimbang antara roda kanan dan kiri.

Menggunakan ban dengan karakter yang sama, meski beda merek, di roda kanan dan kiri menjadi penting karena satu poros roda harus bekerja secara bersamaan.

Selain itu, berdasarkan keterangan Bambang Hermanu Hadi selaku Manager Training Dunlop, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah memasang ban baru di bagian belakang.

โ€œBan baru lebih baik dipasang di bagian belakang,โ€ ucapnya dikutip dari iNews.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini