Share

Tanpa Diskon PPnBM, Harga Daihatsu Xenia Naik Rp17 Juta

Andaru Danurdana, MNC Portal · Rabu 20 April 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 52 2581584 tanpa-diskon-ppnbm-harga-daihatsu-xenia-naik-rp17-juta-Bofr5L8U8F.jpg Daihatsu All New Xenia diluncurkan di GIIAS 2021 (MPI/Intan)

DAIHATSU Xenia adalah salahsatu mobil low MPV yang hingga kini masih menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Sempat turun harga setahun lalu, berakhirnya diskon PPnBM kembali melonjakkan harga Daihatsu Xenia hingga Rp17 jutaan.

Pada Maret 2021, pemerintah sempat mengeluarkan relaksasi terhadap Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk meningkatkan kembali penjualan kendaraan setelah perekonomian Indonesia di sektor otomotif terhantam pandemi Covid-19.

Setelah memberikan keringanan sebesar 50% hingga kuartal pertama tahun ini, diskon tersebut akhirnya resmi disudahi pada 31 Maret.

Berhentinya diskon tersebut pun berdampak besar pada harga penjualan mobil di Indonesia. Salahsatu merek mobil yang paling banyak mendapatkan relaksasi PPnBM, Daihatsu, pun kini sangat merasakan kenaikan harga yang terjadi.

Menurut Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, salah satu tipe mobil yang paling terdampak atas hilangnya diskon PPnBM adalah Xenia; kini harganya naik hingga mencapai angka Rp17 juta.

โ€œUntuk Xenia kenaikannya sekitar Rp15 juta sampai Rp17 juta, tergantung variannya,โ€ terangnya.

Juga harus mengalami kenaikan PPN ke angka 11% yang tadinya 10%, kini Daihatsu Xenia diketahui dibandrol dengan harga kisaran Rp270 jutaan untuk tipe All New 1.5R. Sedangkan untuk yang paling murah, dibandrol dengan harga Rp216 juta, Daihatsu menyediakan All New Xenia 1.3M MT.

Dari merek selain Daihatsu, penghentian diskon PPnBM juga menyebabkan kenaikan harga dengan kisaran yang kurang lebih sama. Contohnya untuk Toyota Avanza, sebagai kembaran Daihatsu Xenia, yang kini juga naik dengan besaran sekitar Rp15 jutaan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini