Share

Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Penjelasannya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 52 2581666 apa-kegunaan-oli-shock-absorber-ini-penjelasannya-KQMpzlEOSN.jpg Ilustrasi (Freepik)

APA kegunaan oli shock absorber? Bagi beberapa pemilik kendaraan mungkin mengenali shockbreaker atau absorber. Shockbreaker atau absorber adalah suatu perangkat mekanik, pneumatik, ataupun hidrolik yang memiliki fungsi utama meredam kejutan dan menambah ketinggian kendaraan.

Perlu diketahui, ternyata salah satu komponen penting pada suspensi mobil ini membutuhkan pelumas atau oli agar bisa berfungsi secara normal. Oli yang digunakan adalah oli shock absorber.

Lantas apa kegunaan oli shock absorber tersebut? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Kegunaan oli shock absorber

Oli shock absorber memiliki banyak kegunaan. Fungsi umumnya adalah untuk mengayun suspensi kendaraan saat melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Kondisi ini disebabkan oleh bantuan dari per atau pegas berupa koil yang bisa mengurangi efek benturan.

Perlu dipahami, shock absorber selalu bekerja di saat kendaraan sedang bergerak maupun diam. Komponen ini hanya akan berhenti bekerja saat mobil diperbaiki atau diangkat saat akan mencuci mobil.

Sehingga fungsi utama oli yang ada di dalamnya untuk melumasi komponen tersebut agar pengalaman berkendara menjadi lancar dan nyaman.

Oli yang bergerak juga bisa mengendalikan pergerakan mobil agar tidak terpental atau terasa bergeronjal. Hal ini berkaitan dengan kinerja rem mobil yang juga dioptimalkan.

Selain itu, fungsi oli ini juga bisa memastikan ban agar selalu bersentuhan dengan permukaan jalan. Juga meningkatkan respon penanganan kemudi atau setir.

Secara tidak langsung suspensi yang bergerak terjadi akibat setir yang dikendalikan. Jika bagian dari suspensi tersebut berfungsi baik, maka kemudi juga bisa mudah diarahkan dengan tepat.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini