Share

PNS Pakai Kendaraan Dinas untuk Mudik Lebaran, Bersiaplah Disanksi!

Antara, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 03:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 52 2581731 pns-pakai-kendaraan-dinas-untuk-mudik-lebaran-bersiaplah-disanksi-thEDFT577R.jpg Ilustrasi mobil dinas (Okezone)

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menerbitkan larangan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) menggunakan kendaraan dinas untuk mudik mengacu kepada kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

"Itu sudah diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bagi ASN tidak diperkenankan membawa mobil dinas untuk mudik," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

 BACA JUGA: Persiapan Mudik Lebaran 2022, Begini Tips Agar Mobil Tak Boros Bensin

Ia pun mengingatkan kepada para PNS yang nekat menggunakan kendaraan dinas untuk mudik soal sanksi yang akan diterima.

"Tentu yang melanggar akan mendapatkan sanksi," ucapnya.

 

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hendak melaksanakan mudik Lebaran tahun ini menggunakan mobil dinas.

Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 13 tahun 2022 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil Negara selama periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

 BACA JUGA: Tak Cuma Mobil Listrik, Cek 10 Kendaraan Bebas Ganjil Genap dan One Way di Tol Saat Mudik Lebaran 2022

Selain untuk mudik, kendaraan dinas juga dilarang untuk kepentingan berlibur, ataupun kepentingan lainnya di luar kepentingan dinas.

Adapun sanksi yang diberikan kepada PNS yang melanggar ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS berupa hukuman disiplin.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini