Share

Penyebab Motor Matik Bergetar saat Digas, Ketahui Cara Mengatasinya

Arya Ravato Bagasraga, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 53 2581554 penyebab-motor-matik-bergetar-saat-digas-ketahui-cara-mengatasinya-cgL9uoYgLT.jpg Motor (Astra Motor)

PENYEBAB motor matik bergetar saat digas harus diketahui oleh pengguna motor. Getaran yang timbul saat tuas gas diputar merupakan salah satu penyakit motor matik yang paling umum.

Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan motor matik, perlu dilakukan pengecekan kondisi v-belt.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penggunaan v-belt motor matik yang sudah aus.

 BACA JUGA: 5 Tips Agar Fitur ISS Motor Matic Bekerja Optimal

Getaran pada motor matic biasa timbul saat putaran rendah. Penyakit ini dirasakan berasal dari bagian CVT. Pemeriksaan bagian CVT diperlukan untuk mengetahui kondisi yang terjadi.

Jika muncul pada motor matik baru, getaran biasanya terjadi karena kampas ganda motor matic kotor. Kondisi ini membuat selip.

Namun, pada motor matik yang telah berusia atau memiliki jarak tempuh jauh, kamu perlu memeriksa komponen CVT. Komponen tersebut di antaranya van belt, weight set, clutch housing, CVT spring, dan roller CVT.

 Ilustrasi

Apabila komponen tersebut sudah mengalami kerusakan maka ganti segera. Namun, jika semua komponen tersebut masih bagus, maka perlu dicek pada bagian kampas ganda. Bisa jadi bagian kampas ganda telah menipis.

Untuk kasus kampas kopling ganda kotor, pembersihan bagian CVT bisa menjadi solusinya. Tidak perlu penggantian suku cadang.

 BACA JUGA: Cara Merawat Sepeda Motor Matic agar Tetap Prima, Jangan Dianggap Sepele

Namun, jika ditemukan komponen rusak, penggantian menjadi upaya yang harus ditempuh agar motor matik tidak bergetar lagi

Kerusakan atau ausnya komponen tersebut juga bisa menjadi penyebab motor matic bergetar saat digas.

Apabila masalah yang ditemui adalah kerusakan, maka sebaiknya segera ganti komponen tersebut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini