Share

Pentingnya Spooring Ban Mobil Sebelum Dipakai Mudik Lebaran, Ini Alasannya

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 22 April 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 52 2582839 pentingnya-spooring-ban-mobil-sebelum-dipakai-mudik-lebaran-ini-alasannya-aNvpfP8r5l.jpg Ilustrasi (Okezone)

UNTUK Anda yang ingin mudik atau pulang kampung halaman menggunakan mobil pribadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya yang tidak boleh luput adalah spooring ban.

Spooring ban sendiri merupakan suatu proses meluruskan dudukan ban. Mengingat jarak tempuh mudik yang relatif jauh, maka spooring ban perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan.

 BACA JUGA: Tarif Tol Gratis Jika Macet Lebih dari 1 Km saat Mudik Lebaran, Ini Kata Menhub

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa ban mobil menjadi salah satu elemen penting untuk menggerakkan kendaraan. Dan seringnya pemakaian dapat membuat ban berpindah dari posisi awalnya.

Perubahan posisi ban bisa disebabkan oleh kondisi jalan yang dilalui setiap harinya. Bila kondisi jalan kurang bagus, ini tentu akan membuat pengaturan ban mobil lebih cepat mengalami perubahan.

 BACA JUGA: Sasar Pasar Mobil Keluarga, Mercedes-Benz Boyong V250 Avantgarde Line

Melansir dari laman resmi Daihatsu, spooring bertindak untuk meluruskan posisi masing-masing ban mobil menjadi ke pengaturan semula. Letak keempat ban akan diubah ke posisi standar pabrik.

Spooring wajib dilakukan jika saat berkendara merasakan beberapa gejala tertentu seperti adanya suatu ketidaknyamanan pada bagian ban saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya itu saja, keadaan ban yang harus dilakukan spooring juga bisa diketahui dari posisi keempat roda yang nampak tidak lurus atau sejajar, yang bisa dilihat dengan jelas dikala mobil dalam posisi diam.

 Ilustrasi

Spooring ban biasanya dilakukan setiap enam bulan sekali. Apabila sering menempuh perjalanan yang jauh atau sering melalui jalan dengan kondisi jelek maka bisa melakukan spooring setiap 10.000 kilometer sekali.

Meski terkesan merepotkan, melakukan spooring akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman. Ini juga merupakan bagian dari perawatan agar mobil tidak mengalami kerusakan dini. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini