Share

Tips Merawat Suspensi Motor Agar Aman Dibawa Mudik Lebaran 2022

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 53 2582646 tips-merawat-suspensi-motor-agar-aman-dibawa-mudik-lebaran-2022-5Uvp5RKW4m.png Tips merawat suspensi motor agar aman dibawa saat mudik Lebaran 2022 (dok Freepik)

BAGI kalian yang ingin mudik menggunakan motor, ada banyak bagian yang perlu diperhatikan, salah satunya yang tak kalah penting adalah bagian suspensi.

Bagian yang satu ini sering terlupakan, padahal suspensi sendiri memiliki peranan yang sangat penting, yakni untuk meredam getaran ketika melewati jalan tidak rata.

Suspensi yang bermasalah maka dapat mengakibatkan kurang nyamannya berkendara bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan. Untuk itu perlu menjaga suspensi agar tetap awet.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi suspensi agar tetap awet, melansir dari berbagai sumber:

1. Jaga kebersihan suspensi

Pengendara disarankan untuk membersihkan suspensi secara rutin. Setidaknya 2 hari sekali, untuk tetap menjaga sistem kinerja dan penampilannya dengan baik.

Suspensi yang kotor bisa menjadi tempat debu dan kerikil halus. Jika dibiarkan, maka akan kotoran akan menumpuk dan dapat menyebabkan suspensi baret hingga menyebabkan oli bocor.

 infografis

2. Segera bersihkan setelah tekena air hujan

Ketika habis terkena hujan dan tidak segera dibersihkan menggunakan air bersih alias di cuci, maka beberapa komponen bisa mengalami karatan.

Tidak terkecuali bagian suspensi. Bagian suspensi juga rentan mengalami karatan. Untuk itu penting untuk mencuci motor setelah terkena air hujan.

3. Hindari jalan yang rusak

Jalan yang rusak bisa memberikan beban tambahan bagi suspensi. Jika jalan rusak terus dilewati maka usia suspensi akan cepat berkurang. Hindari melewati kontur jalan seperti itu.

Atau jika terpaksa melewati jalan rusak, maka sebaiknya berkendara dengan ekstra hati-hati dan tidak ngebut untuk mengurangi kerja suspensi.

4. Jangan biasakan membawa beban berat

Sangat disarankan bagi pengendara bermotor agar tidak membawa beban terlalu berat. Selain karena dilarang dalam peraturan lalu lintas, juga agar suspensi tidak bekerja terlalu keras.

Jika hal ini terus dilakukan bukan tidak mungkin suspensi akan mengalami kerusakan. Membawa beban yang berat bisa membuat suspensi bocor.

5. Jangan gunakan askesoris pada suspensi

Tidak disarankan jenis motor apa saja menggunakan aksesoris seperti anting peninggi suspensi. Hal itu dikarenakan, anting peninggi ini bisa membuat shock breaker menjadi lebih tinggi.

Penggunaan anting peninggi dikhawatirkan sudutnya nanti bisa mengalami perubahan sehingga membuat kerja suspensi semakin keras lagi.

Dalam waktu dekat mungkin tidak masalah, akan tetapi kalau dalam jangka panjang dan sering dipakai dalam medan sulit, jelas akan menimbulkan masalah pada bagian suspensinya. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini