Share

Arief Muhammad Beli Mobil Rp2,34 Miliar untuk Mudik Lebaran 2022, Ini Sederet Kecanggihannya

Wahyu Sibarani, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 86 2582661 arief-muhammad-beli-mobil-rp2-34-miliar-untuk-mudik-lebaran-2022-ini-sederet-kecanggihannya-q2RDfeSgUN.jpg Mobil baru Arief Muhammad (dok Instagram)

SOSOK YouTuber Arief Muhammad baru saja membeli mobil mewah untuk mudik Lebaran 2022. Tak sekadar kendaraan biasa, mobil ini menawarkan sederet kecanggihannya loh.

Mobil itu berjenis Toyota Land Cruiser 300 VX-R 4x4 dengan harga ditaksir Rp2,34 miliar.

Dari unggahan Instagram yang dibagikan Arief Muhammad beberapa waktu lalu, diketahui mobil itu rencananya akan digunakan buat mudik karena memang mobil-mobil Eropa yang dia miliki tidak cocok buat dibawa pulang kampung.

"Senengan merek Jepang aja. Lebih humble, merakyat dan enggak terlalu mencolok," tulis Arief Muhammad.

Padahal dari segi dimensi Toyota Land Cruiser 300 VX-R 4x4 yang dimiliki oleh Arief Muhammad buat mudik itu malah terlihat mencolok. Pasalnya dimensi mobil itu adalah panjang 4.985 mm x lebar 1.980 mm x tinggi 1.945 mm. Dimensi itu jauh lebih besar dibandingkan saudara kandungnya Toyota Fortuner yang hanya memiliki dimensi panjang 4.795 mm x lebar 1.855 mm x tinggi 1.835 mm.

Jadi intinya dibandingkan mobil apa pun, mobil mudik baru Arief Muhammad itu sudah pasti mencolok.

Namun bukan itu saja keunikan dan kelebihan mobil mudik Arief Muhammad itu, yuk cermati apa saja:

1. Jadwal inden yang lama

Masa inden Toyota Land Cruiser 300 saat ini cukup panjang. Selain diburu banyak orang, adanya krisis semi konduktor membuat produksi Toyota Land Cruiser 300 mengalami hambatan. Tidak heran jika banyak orang yang perlu menanti lama agar mobil itu ada di tangan. Arief Muhammad bahkan mengaku sejak setahun lalu sudah bertanya-tanya tentang mobil itu ke Auto2000 Daan Mogot.

infografis

2. Mesin V6 bertenaga

Toyota Land Cruiser 300 meninggalkan mesin lama V8 dengan mesin baru V6. Mesin yang digunakan memang lebih kecil, tapi performanya semakin buas. Jantung mekanis 3.5-liter bensin miliknya mampu melontarkan torsi puncak 650 Nm dan tenaga maksimal 415 PS. Sementara varian mesin 3.3-liter diesel, sanggup menyemburkan torsi hingga 700 Nm dan tenaga 309 PS. Kedua pilihan mesin itu sama-sama dilengkapi teknologi twin-turbo. Sekaligus mendapat padanan transmisi otomatis 10-percepatan.

3. Kemampuan offroad

Toyota melakukan berbagai revisi agar Toyota Land Cruiser 300 semakin tangguh di medan berat atau offroad. Salah satu caranya mengubah geometeri suspensi belakang. Di Land Cruiser 200 series, rancangannya terlalu miring sehingga pergerakan suspensi tidak sejalan dengan pergerakan ban.

Alhasil mobil jadi kurang stabil. Oleh karenanya di Land Cruiser generasi terbaru, hal tersebut diubah sehingga ban mampu mencengkeram tanah lebih kuat.

“Kami menyesuaikan frame model terbaru, sehingga posisi shock absorbers lebih sempurna (dibuat agak tegak),” Kazuyuki Ueno (Chief Expert) Off-road Drivability Toyota dalam video peluncuran Land Cruiser 300 Series beberapa waktu lalu.

4. Fitur offroad canggih

Mobil ini memiliki fitur-fitur offroad canggih dan terkini seperti Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) dan Multi Terrain Monitor. Toyota mengklaim teknologi E-KDSS ini pertama kalinya digunakan di dunia. Sementara fitur multi-terain monitor berguna untuk memperlihatkan rintangan offroad yang dihadapi dari sisi pengendara, melalui head unit besar. Kemudian mode berkendara juga dapat mengatur secara otomatis pilihan yang dibutuhkan untuk melahap jalanan tersebut.

5. Body lebih ringan

Toyota mengaplikasikan rangka GA-F terbaru untuk Land Cruiser 300. Istimewanya rangka tersebut berbasis TNGA dan berefek ke bobot mobil yang menjadikan bobot mobil berkurang hingga 200 Kg dibanding model lama. Pengurangan bobot ini salah satunya disebabkan oleh sistem pencetakan dan pengelasan rangka yang mutakhir.

Pipa yang digunakan lebih pipih, walau begitu kekuatan rangka justru naik 120 persen. Rangka baru tersebut pun menjadi salah satu kelebihan Land Cruiser 300 Series, karena mampu mengoptimalkan distribusi bobot serta membuat center of gravity semakin rendah. Posisi mesin dan transmisi sebagai komponen yang memiliki bobot paling berat diubah lebih rendah 28 mm dan dimundurkan 70 mm.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini