Share

Begini Ciri Pelat Nomor Khusus Kendaraan Anggota DPR

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 24 April 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 52 2583592 begini-ciri-pelat-nomor-khusus-kendaraan-anggota-dpr-J03h8hcLBN.jpg Pelat nomor kendaraan (Sindo)

TANDA Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus tidak hanya digunakan pada kendaraan para menteri, petinggi TNI dan Polri atau diplomat. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) juga menggunakannya.

TNKB khusus untuk kendaraan anggota DPR ini tertuang dalam surat telegram bernomor STR/164/III/YAN/1.2./2021 tertanggal 15 Maret 2021 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

 BACA JUGA: Mengenal Beda Pelat Nomor Kendaraan Mabes dengan TNI AD, AL dan AU, Jangan Sampai Salah!

Jika mengacu pada Surat Telegram tersebut, ada beberapa ciri pelat nomor anggota DPR. Adapun cirinya adalah sebagai berikut, seperti dilansir dari blog Ibid Astra :

- TNKB memiliki logo DPR RI

- TNKB melampirkan nomor anggota atau kode jabatan dan nomor registrasi

- Pelat persegi panjang

- Warna dasar hitam pada kolom nomor

- Warna dasar silver pada kolom logo

- Warna dasar silver pada garis pinggir

- Warna silver pada nomor

Pemberian TNKB khusus untuk seluruh anggota DPR RI sendiri disebut untuk memberikan identitas khusus dan pengamanan ranmor pimpinan dan Anggota DPR RI untuk kelancaran pelaksanaan giat konstitusional.

Selain itu, pemberian TNKB khusus juga dikatakan bertujuan agar polisi lalu lintas juga dapat dengan mudah memantau kendaraan anggota DPR RI yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

 Ilustrasi

Dengan TNKB khusus, anggota DPR RI juga diharapkan dapat memberikan contoh yang baik bagi pengguna jalan lain. Karena setiap kesalahan yang dilakukan pasti akan mudah tersorot oleh pengguna jalan lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini