Share

Bikers Harus Tahu, Ini 6 Tips Bawa Barang Pakai Sepeda Motor Matik

Tangguh Yudha, Jurnalis · Minggu 24 April 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 87 2584179 bikers-harus-tahu-ini-6-tips-bawa-barang-pakai-sepeda-motor-matik-jLEwFD1ElS.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

DEWASA ini sudah banyak motor matik yang dilengkapi dengan fitur double hook untuk memudahkan pengendara membawa barang bawaan. Meski demikian pengendara harus tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Membawa barang bawaan secara sembarangan tentu dapat membahayakan. Apalagi pada kendaraan roda dua, tentu risiko kecelakaannya akan semakin besar. Membawa barang bawaan dapat mengakibatkan motor sulit dikendalikan.

Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, Danang Hermanto membagikan tips aman membawa barang bawaan pada motor matic. Penasaran seperti apa? Berikut paparannya.

Infografis Mitos Motor Matik

1. Jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah mengikat barang ukuran besar.

2. Boleh saja membawa barang dengan cara menggantungkannya di fitur double hook seperti yang terdapat pada Yamaha Gear 125. Namun perlu diperhatikan untuk menghindari beban berlebihan karena akan mengurangi keseimbangan berkendara.]

3. Dimensi barang yang digantung juga tidak boleh sampai mengganggu pergerakan pengendara saat mengendalikan motor, sehingga tidak membahayakan pengendara dan juga orang lain.

4. Barang juga bisa diletakkan pada bagasi. Hindari meletakkanbarang berlebihan di bagasi karena akan menyulitkan untuk menutup jok dan bisa merusak barang yang dibawa.

5. Tinggi barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara karena akan mengurangi keseimbangan berkendara.

6. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang agar pengendara lain dapat tetap melihat sinyal lampu motor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini