Share

Pemudik Pulang Kampung dari Jakarta ke Solo Naik Motor, Cuma Modal Rp100.000

Jonathan Simanjuntak, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 53 2585841 pemudik-pulang-kampung-dari-jakarta-ke-solo-naik-motor-cuma-modal-rp100-000-0fidf3zhjP.jpg Pemudik naik sepeda motor dari Jakarta ke Solo (MPI/Jonathan)

BANYAK cara dilakukan pemudik untuk bisa pulang kampung merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Seperti halnya yang dilakukan Suparmin (48) yang meninggalkan Jakarta menuju ke kampung halamannya, Kota Solo, Jawa Tengah.

Menariknya, pemudik asal Lenteng Agung itu melakukan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor dan hanya bermodal Rp100.000.

“Lebih hemat juga, Rp100.000 sampai rumah (Solo),” kata Suparmnin saat ditemui MNC Portal Indonesia di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Barat.

Selain Suparmin, sejumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat terlihat sudah ramai melintas.

infografis

Pemudik-pemudik ini ditandai dengan bongkahan benda yang dibawa di bagian atas mobil.

Sementara, untuk kendaraan roda dua, barang-barang bawaan yang dibawa terlihat lebih sedikit. Biasanya pengendara motor yang mudik menggunakan ransel berukuran sedang dan menaruhnya di bagian depan dan belakang motor.

Suparmin juga mengaku memilih mudik lebih awal dari prediksi puncak arus mudik untuk menghindari adanya kemacetan. Sementara malam hari dimanfaatkannya agar ibadah puasa tetap tidak ditinggalkannya.

“(Memilih berangkat malam) karena takut panas saja, biar ga batal puasa,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ahmad (35). Dia mengaku akan berangkat ke Semarang malam ini. Dia berangkat sendiri menggunakan sepeda motornya karena hobi menggunakan motor.

“Karena kalau malam kan kita lebih enak, kalah misalkan itu juga kita banyak teman, kalau siang kita ga kuatnya karena panas, dan juga macet, kalau malam agak mendingan,” kata Ahmad.

Bawaan Ahmad tidak terlalu banyak, sebab istrinya sudah berangkat terlebih dahulu. Barang-barang bawaan yang lebih besar dibawa oleh rombongan istrinya dengan menggunakan mobil.

“Istri kasihan capek kalau naik motor, biar naik mobil,” ujarnya. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini