Share

Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik Lebaran 2022

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 29 April 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 52 2587296 bagian-mobil-yang-wajib-dicek-sebelum-mudik-lebaran-2022-wdBuUrtdN1.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

MUSIM mudik sudah dimulai. Bagi kalian yang berencana untuk mudik menggunakan mobil pribadi sebaiknya lakukanlah pengecekan pada beberapa bagian secara menyeluruh.

Ini perlu dilakukan untuk memastikan kondisi mobil tetap prima saat diajak bepergian jauh. Pastinya kalian tidak mau kan kalau nantinya di perjalanan mobil mengalami masalah.

Nah berikut adalah bagian mobil yang wajib dicek sebelum mudik, seperti dilansir dari blog Auto2000, Jumat (29/4/2022).

1. Oli mesin

Oli mesin memiliki fungsi penting untuk melumasi, menjaga suhu, sekaligus melindungi mesin. Dengan perannya yang sangat krusial, pastikan takaran oli sesuai dengan yang direkomendasikan.

Jika oli mesin sudah lama tidak diganti, lakukanlah penggantian. Pasalnya oli mesin juga memiliki masa pakai yang seiring waktu peformanya bakal menurun. Jangan diabaikan karena dapat merusak mesin.

2. Minyak rem

Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem. Kalau berkurang, segera tambah dengan minyak rem yang spesifikasinya sesuai rekomendasi pabrikan.

Indikasi berkurangnya minyak rem menandakan bahwa ketebalan kampas rem mulai menipis. Bisa juga terjadi kebocoran pada sistem rem,. Kalau sudah begini, maka lakukanlah perbaikan.

 infografis

3. Air aki

Beberapa mobil masih menggunakan aki basah konvensional. Untuk yang ini, silakan cek posisi ketinggian air aki. Tambah jika berkurang. Sekaligus bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran.

4. Air radiator

Air radiator punya tugas mulia yakni sebagai pendingin mesin mobil agar bisa bekerja dengan baik. Risikonya kalau sampai air radiator habis, mesin mobil Anda bisa jebol dan harus turun mesin.

Oleh karena itu, cek dahulu kondisi air radiator sebelum pergi mudik. Buka tutup atas radiator dan perhatikan batas ketinggiannya. Periksa juga tabung peyimpanan cadangan air radiator.

Kalau kurang, isi hingga batas atas. Jangan melebihi batas karena air radiator tidak bisa bersirkulasi dengan baik.

5. Air pembersih kaca

Air pembersih kaca atau sering disebut air wiper memang fungsinya tidak sepenting dua cairan di atas. Namun jangan pernah dianggap sepele.

Coba saja berjalan saat hujan tidak terlalu deras tapi kaca kotor. Dijamin visibilitas keluar akan terganggu. Di saat bersamaan, kalian juha tidak bisa membersihkan kaca karena air wiper habis. Pun ada risiko baret di karet wiper.

6. Minyak power steering

Teknologi Electric Power Steering (EPS) membuat power steering hidrolis mulai dilupakan. Meski demikian, masih banyak mobil yang mengandalkan sistem hidrolis ini.

Sama dengan yang lain, terdapat tabung cadangan tempat mengisi ulang minyak power steering. Silakan isi sesuai takaran. Hati-hati terhadap kebocoran.

Letak pompa power steering yang di bawah berisiko memercikkan minyak ke knalpot. Sama dengan cairan kimia lainnya, minyak power steering juga memiliki titik bakar yang cukup rendah sehingga mudah menyala.

7. Freon AC

Jangan pernah sepelekan tugas AC saat mobil dibawa mudik bersama keluarga. Di tengah panas terik, ternyata AC tidak dingin. Pastinya akan sangat tidak nyaman.

Nah kalian bisa mengintip via sight glass di ruang mesin. Nyalakan mesin dan AC. Saat idle akan terlihat bening. Saat digas, akan timbul sedikit gelembung udara.

Jika saat idle terdapat gelembung udara, artinya freon berkurang. Tidak ada salahnya pula sembari mengecek sistem dari potensi kebocoran.

8. Oli transmisi otomatis

Oli transmisi otomatis tidak sekadar melumasi, tapi juga merupakan bagian dari sistem yang menggerakkan transmisi dan memberikan pengaruh besar jika bermasalah.

Saat ini teknologinya juga terus berkembang sehingga butuh oli yang lebih spesifik sesuai kebutuhan sistem yang dianut mobil. Nyalakan mesin hingga suhu kerja, matikan, dan periksa volume via dipstick. Tambahkan jika berkurang.

9. Ban

Kerap dilupakan, padahal punya tugas yang sangat vital. Ditambah, saat liburan mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Semakin berat tugas ban.

Oleh sebab itu, periksa dulu tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Sembari itu, lakukan pemeriksaan ringan kondisi fisik ban dan pelek. Kalau perlu bawa juga ban serep.

10. Perlengkapan darurat

Nomor satu yang wajib ada dan lengkap adalah dongkrak dan alat pembuka ban. Pelajari kembali cara penggunaannya agar tidak kesulitan saat harus ganti ban.

Selain perkakas teknis bawaan mobil, perangkat darurat lain yang sebaiknya ada adalah senter, jumper aki, dan kabel sling untuk derek. Siapkan pula cairan cadangan seperti minyak rem. (nia)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini