Share

Cara Mudah Merawat Knalpot Sepeda Motor, Benar Cuma Pakai Minyak?

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 02 Mei 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 53 2587586 cara-mudah-merawat-knalpot-sepeda-motor-benar-cuma-pakai-minyak-M7LjSYXEiN.jpg Knalpot (dok Freepik)

KNALPOT yang baik perlu perawatan juga. Jika diabaikan, knalpot bisa mengeluarkan bunyi yang mengganggu dan itu tentu memengaruhi performa kendaraan Anda.

Knalpot yang berkualitas perlu dirawat dengan khusus. Meski terdengar terlalu berlebihan, tapi knalpot yang baik akan membuat motor Anda pun terjaga kesehatannya.

Lantas, bagaimana cara mudah merawat knalpot motor?

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pembersihan pada bagian dinding luar knalpot, khususnya yang menempel ke mesin. Untuk knalpot bahan krom pernekel, pembersihan bisa menggunakan pembersih khusus yang dijual di pasaran.

infografis

Dinding luar knalpot perlu dibersihkan untuk mencegah karat muncul.

Lalu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah rutin mengecek mesin guna memastikan pembuangan sisa gas dari pembakaran motor yang keluar dari knalpot ramah lingkungan.

Perawatan bisa dilakukan secara periodik pada bagian mesin dan sistem bahan bakar, sehingga emisi gas buang yang keluar dari knalpot tetap ramah lingkungan.

Poin lain yang harus diperhatikan adalah ketika Anda merasa knalpot sudah kotor, khususnya di bagian ujung lubangnya, maka segera bersihkan. Ini upaya termudah yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Nah, proses pembersihan knalpot tersebut ada yang menyarankan menggunakan minyak. Ini disampaikan di akun Youtube cara AJOSI. Diterangkan di sana kalau tips mudah merawat knalpot agar tidak keropos adalah dengan minyak.

Jadi, Anda tuang sedikit minyak ke wadah lalu oles minyak ke seluruh permukaan knalpot. Jika ada karat, disarankan hilangkan karatnya dulu baru dioles minyak di area tersebut.

Setelah semua bagian sudah diolesi minyak, diamkan. Anda disarankan jangan mengelap atau membersihkan permukaan knalpot yang sudah diolesi minyak tersebut. Lakukan perawatan oles minyak ini 1-2 bulan sekali.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini