Share

6 Tips Mengatur Muatan Mobil untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2022

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 87 2587540 6-tips-mengatur-muatan-mobil-untuk-perjalanan-mudik-lebaran-2022-kFH87spdPz.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

INGIN mudik Lebaran 2022? cek dulu tips mengatur muatan mobil untuk perjalanan mudik Lebaran 2022.

Momen Idul Fitri tahun 2022 ini sangat ditunggu-tunggu, mengingat dua tahun sebelumnya mudik ditiadakan dan dibatasi karena pandemi.

Tidak heran jika tahun ini banyak pemudik yang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Bagi anda yang tahun ini mudik menggunakan mobil pribadi, pandai-pandailah mengatur muatan agar selama perjalanan terasa nyaman dan aman.

Kali ini Okezone akan membagikan 6 Tips Mengatur Muatan Mobil untuk Perjalanan Mudik Lebaran. Simak tipsnya berikut ini.

Menghitung daya angkut mobil

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah menghitung daya akun mobil. Meski hanya perkiraan, namun cara ini mampu menghindari mobil dari bahaya kelebihan muatan.

Caranya adalah dengan menghitung daya angkut maksimal pada buku panduan mobil atau menghitung load index bannya. Anda harus memastikan jumlah penumpang dan barang muatan tidak melebihi aturan.

infografis

Perhatikan kondisi mobil

Selanjutnya, memperhatikan kondisi mobil adalah salah satu tips yang sangat berguna. Karena, ada beberapa bagian pada kendaraan yang nantinya akan bekerja keras ketika daya angkut pada mobil anda mencapai titik maksimal. Seperti mesin, shock absorber, dan rem mobil.

Maka dari itu, demi kenyamanan dan keselamatan berkendara, sebaiknya anda melakukan pengecekan atau service rutin sebelum mulai perjalanan mudik.

Manfaatkan bagasi anda dengan sebaik mungkin

Jika anda membawa banyak barang bawaan, cobalah untuk memanfaatkan bagasi anda dengan baik. Letakan barang palinng berat pada sisi tengah bagasi, apalagi jika mobil anda tipe sedan yang memiliki bagasi terpisah.

Lalu, letakkan barang yang lebih ringan di sisi kanan dan kirinya. Posisi mengunci seperti ini akan menghindari barang mudah bergerak. Hindari menumpuk barang terlalu tinggi pada jok belakang agar tidak menganggu pandangan sopir.

Gunakan Roof Box

Roof box berfungsi untuk menambah daya angkut mobil, sehingga kabin mobil anda akan terasa lebih lega. Tapi jangan berlebihan meletakkan barang pada roof box dan hati-hati saat melewati portal jalan dan gerbang tol otomatis. Karena dikhawatirkan akan tersangkut.

Menyimpan barang dalam kabin penumpang

Simpan barang-barang kecil dalam kabin penumpang. Namun, jangan asal diletakkan saja. Manfaaftkan rongga penyimpanan yang ada, seperti pada penyimpanan pintu, konsol tengah, dasbor, dan sandaran bangku penumpang. Pada kolong bangku juga bisa disisipi barang kecil.

Hati-hati saat berkendara

Muatan penuh pada mobil akan mempengaruhi titik keseimbangan mobil. Maka dari itu, atur kecepatan dengan baik dan hindari mengerem mendadak. (nia)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini