Share

Tips Bikin Velg Mobil Kinclong Lagi Sepulang Mudik Lebaran

Andaru Danurdana, MNC Portal · Rabu 04 Mei 2022 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 04 87 2589204 tips-bikin-velg-mobil-kinclong-lagi-sepulang-mudik-lebaran-OE3s4pp1B3.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

LIBUR lebaran akhirnya tiba, membuat momen pulang kampung alias mudik tak terhindarkan. Melakukan perjalanan lintas kota menggunakan mobil pribadi, tentunya bikin kendaraan kesayangan tak kinclong lagi.

Pasca mudik, pastinya ada beberapa bagian mobil yang terasa kusam dan redup; velg salah satunya. Supaya kaki mobil tercinta bisa tampak kembali sempurna, bagaimana sih caranya?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Okezone rangkumkan tips bikin velg mobil kinclong kembali seusai dipakai mudik.

Aluminum Foil

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan aluminum foil. Jika mobil dipasangi velg berbahan chrome, maka perabot rumahan yang satu ini bisa menjadi instrumen yang sangat membantu.

Pertama, cuci velg yang kotor dan berkarat dengan air dan sabun. Lalu, gosokkan aluminum foil dengan halus secara maju mundur, berikan sedikit tekanan pada bagian yang berkarat tebal.

Infografis Manfaat Coating Mobil saat Musim Hujan

Ketika karat dirasa sudah musnah, kembali cuci velg dengan air dan sabun hingga bersih. Demi mencegah kembalinya karat, lap velg hingga kering seutuhnya.

Pasta Gigi

Selain aluminum foil, pasta gigi juga bisa menjadi benda rumahan yang ampuh menjernihkan velg mobil. Sama halnya dengan entri di atas, benda ini bisa digunakan untuk membersihkan velg berbahan chrome.

Pertama, bersihkan permukaan velg dengan air bersih lalu lap hingga kering. Siapkan pasta gigi berwarna putih, lalu oleskan pada seluruh bagian velg dengan merata.

Setelahnya, tunggu sampai pasta gigi setengah kering namun belum kering seutuhnya. Dengan lap kering halus, gosok permukaan velg yang berpasta gigi.

Minuman Bersoda

Tips berikutnya untuk bikin velg kembali kinclong adalah menggunakan minuman bersoda. Jika mobil dipasangi velg berbahan aluminum, maka minuman berkarbonasi bisa menjadi alat bantu bersih-bersih.

Langkah pertama tentunya dengan mencuci velg hingga bersih dan dikeringkan secara seksama. Lalu, tuangkan minuman bersoda ke permukaan velg berkarat dan tunggu 20 menit.

Kemudian, gosok permukaan velg dengan spons cuci piring. Jika sudah dirasa merata dan bersih, bilas dengan air bersih.

Amplas

Alat berikutnya yang bisa membantu kinclongkan velg mobil adalah amplas. Untuk alat yang satu ini, tentunya menjadi instrumen penghilang karat yang paling intuitif dibanding entri-entri di atas.

Siapkan amplas waterproof alias tahan air dengan grit halus, lalu sapukan di atas permukaan velg yang basah. Gosok terus permukaan velg yang menghitam sampai halus.

Setelah diamplas, bersihkan velg dengan air dan keringkan supaya mencegah timbulnya karat baru. Sebagai pelengkap, semprot cairan pengkilap velg.

Compound

Tips terakhir dalam daftar ini adalah menggunakan compound untuk membuat velg kinclong. Berbeda dari sebelumnya, tips kali ini cocok untuk mengatasi baret pada velg mobil.

Pertama-tama, bersihkan velg menggunakan air bersih dan keringkan dengan kanebo. Setelahnya, oleskan compound di bagian velg yang baret.

Kemudian, gosok compound tersebut dengan lap kering hingga baret tak lagi tampak. Lakukan langkah yang sama pada semua baret hingga velg mengkilap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini