Share

Tips Pilih Helm Sesuai Ukuran Kepala, Biar Nyaman Dipakai!

Andaru Danurdana, MNC Portal · Jum'at 06 Mei 2022 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 52 2589719 tips-pilih-helm-sesuai-ukuran-kepala-biar-nyaman-dipakai-3EIk5B3ODW.jpg Ilustrasi helm (Shutterstock)

HELM adalah atribut berkendara yang paling penting bagi pengendara motor. Namun, seringkali pemotor tak sadar bahwa helm yang mereka miliki tak sesuai dengan ukuran kepala masing-masing.

Tak beda jauh dengan ukuran baju, helm juga punya ukuran dengan satuan kecil hingga besar. Bingung kepala anda masuk kategori mana? Berikut MNC Portal jabarkan relasi ukuran helm dengan lingkar kepala.

1. XS

Helm dengan ukuran XS alias extra small adalah tipe helm paling kecil. Umumnya, helm dengan ukuran ini cocok dikenakan individu dengan lingkar kepala 53-54 cm.

2. S

Di atas ukuran XS, ada ukuran S alias small. Tipe helm ini cocok untuk individu dengan lingkar kepala 55-56 cm; meski tak jauh beda di atas kertas, perbedaan yang ada terasa signifikan ketika dikenakan.

3. M

Selanjutnya, ada ukuran M alias medium. Mengakomodasi ukuran di tengah-tengah, yaitu 57-58 cm, helm dengan ukuran M sering menjadi pilihan yang umum di kalangan pemotor.

4. L

Tak hanya ukuran M, helm dengan ukuran L alias large juga sering menjadi pilihan umum para pemotor. Untuk ukuran yang satu ini bisa mengakomodasi lingkar kepala 59-60 cm.

5. XL

Ukuran berikutnya adalah XL alias extra large. Menjadi salahsatu ukuran helm yang terbilang besar, ukuran ini cocok untuk individu berlingkar kepala 61-62 cm.

6. XXL

Ukuran helm paling besar adalah XXL alias extra-extra large. Untuk helm yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi orang-orang dengan lingkar kepala 63-64 cm.

Mengetahui deskripsi ukuran helm di atas, sejatinya ada beberapa indikator yang juga bisa menjadi penanda kecocokan helm. Biasanya, helm yang sesuai dengan ukuran kepala tak mudah bergeser ketika dikenakan karena sudah mengikuti bentuk dan ukuran kepala.

Selain itu, untuk helm edisi full-face, biasanya memiliki jarak dua ruas jari di bagian dagu. Hal tersebut menandakan bahwa helm terpasang dengan cukup rapat, namun tak terlalu ketat sampai menyebabkan sakit kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini