Share

Cara Merawat Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran, Nomor 2 Sering Terabaikan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 87 2591838 cara-merawat-mobil-setelah-dipakai-mudik-lebaran-nomor-2-sering-terabaikan-SEx5CAG2ky.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

MOBIL yang diajak mudik sudah sepatutnya untuk mendapat perawatan ekstra. Ini untuk menjaga kondisi mobil tetap prima setelah menempuh perjalanan mudik yang relatif jauh.

Merawat mobil setelah dipakai mudik perlu dilakukan untuk menghindari penyesalan di kemudian hari. Pastinya tidak mau kan jika nantinya mobil ngadat di jalan, akan sangat merepotkan.

Selain merepotkan, kalau mobil sudah ngadat juga tentu kita harus merogoh kantong lebih dalam untuk perbaikan. Berikut ini adalah cara perawatan mobil setelah dipakai mudik jarak jauh.

1. Ganti oli

Oli mesin memiliki peran yang sangat penting untuk melumasi mesin. Ketika mobil diajak mudik jauh, otomatis oli juga akan berubah kualitasnya. Segera ganti oli jika warnanya sudah berubah menjadi pekat.

2. Ganti kampas rem

Selain oli, kampas rem juga wajib dicek kondisinya. Apabila ketebalannya sudah berkurang dari 1 milimeter, sebaiknya segera ganti. Kampas rem perlu diperhatikan karena barkaitan dengan keamanan berkendara.

3. Periksa kondisi ban

Bukan hanya tekanan anginnya saja, periksa juga ketebalan ban apakah masih sesuai standar atau tidak. Jika dirasa sudah tipis atau timbul tonjolan pada permukaan ban, maka segera ganti dengan yang baru.

4. Servis kaki-kaki

Semakin sering digunakan, maka kaki-kaki mobil bekerja sangat keras. Beberapa komponen kaki-kaki mobil yang perlu diperhatikan, diantaranya tierod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker. Jangan sayang untuk lakukan service.

5. Cuci mobil

Perjalanan jauh tentu mobil akan terpapar debu dan kotoran. Selain itu, aktivitas di mobil juga dapat mengakibatkan kabin berantakan. Wajib bagi pemilik mobil untuk mencuci mobil baik eksterior maupun interior.

Itulah cara merawat mobil setalah dipakai mudik. Dengan merawat mobil, diharapkan dapat mengembalikan kondisi mobil menjadi prima demi kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini