Share

5 Ciri Thermostat Mobil Rusak, Buruan Ganti Sebelum Timbul Masalah

Tangguh Yudha, MNC Portal · Senin 16 Mei 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 15 87 2594602 5-ciri-thermostat-mobil-rusak-buruan-ganti-sebelum-timbul-masalah-h4BodLvgcN.JPG Thermostat (Foto: Suzuki Indonesia)

THERMOSTAT merupakan salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin mobil. Fungsinya sendiri cukup krusial, mengingat jika ini rusak maka suhu mesin akan menjadi sangat panas atau overheat.

Thermostat mobil rusak harus bisa dikenali sejak awal, karena jika dibiarkan akan menimbulkan kerusakan lain pada mesin mobil. Berikut adalah ciri-ciri thermostat yang sudah rusak dan minta diganti, dilansir dari blog Auto2000.

1. Thermostat terbuka pada temperatur ruang

Ciri pertama ini merupakan salah satu ciri yang paling mudah untuk disadari. Seperti diketahui, thermostat dengan kondisi normal, pasti akan selalu tertutup pada temperatur ruang. Jika sebaliknya, itu berarti ada masalah.

Kalau sudah begini, maka tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain mengganti thermostat mobil dengan yang baru.

Infografis Manfaat Coating Mobil saat Musim Hujan

2. Thermostat macet

Jika tadi thermostat langsung terbuka ketika masih dalam temperatur ruangan saja, maka kini kebalikannya. Di mana temperatur sudah cukup tinggi bahkan hingga mencapai suhu 90 derajat celcius thermostat masih saja tertutup.

Hal ini akan membuat kondisi di mana saluran air di dalam radiator tidak bisa bersiklus dan membuat mesin tetap dalam keadaan panas. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti komponen.

3. Kinerja mesin butuh waktu lama

Hal ini juga masih berkaitan dengan ciri yang pertama tadi, di mana jika thermostat rusak atau terus menerus terbuka juga bisa membuat mesin lama mencapai temperatur kerjanya.

Kondisi ini membuat suhu kerja mesin tidak dapat tercapai. Dalam kondisi ini, bisa membawa mobil ke bengkel dan langsung meminta montir agar thermostat diganti.

4. Boros bensin

Hal ini dikarenakan suhu mesin yang terus dalam keadaan rendah, sehingga konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih banyak. Segera ganti thermostat atau mesin bisa saja menjadi tidak awet dan mendapat masalah yang lebih besar.

5. Mesin sering overheating

Ciri yang kelima ini merupakan ciri yang paling jelas. Beberapa ciri overheating diantaranya ketika mobil sedang berjalan akan terasa seperti menggelitik, AC menjadi terasa lebih panas, tenaga mobil berkurang, temperatur gauge menunjukkan suhu lebih tinggi dan lain sebagainya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini