Share

Bahayanya Sopir Ngantuk Saat Mengemudi: Kecelakaan Maut Bus di Tol Mojokerto, Belasan Korban Tewas

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 52 2595227 bahayanya-sopir-ngantuk-saat-mengemudi-kecelakaan-maut-bus-di-tol-mojokerto-belasan-korban-tewas-eDSaH54cXk.jpg Kecalakaan maut bus di Tol Mojokerto (MPI/Lukman Hakim)

KECELAKAAN mengerikan kembali terjadi. Kecelakaan maut yang melibatkan bus berisi 25 penumpang terjadi di Tol KM 712+400 jalur A Tol Surabaya - Mojokerto, pada Senin (16/5/2022) pagi.

Jumlah yang tewas bertambah karena korban yang mengalami luka parah.

Semula 13 penumpang ditemukan tewas di tempat, kemudian beberapa saat kemudian korban fatal bertambah satu. Satu korban tewas di rumah sakit, dan masih ada belasan lainnya yang masih dirawat karena luka berat.

Kasat PJR Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi memaparkan, kecelakaan itu bermula saat bus Ardiansyah dengan nopol S 7322 UW membawa 25 penumpang asal Benowo, Surabaya, dari arah Jogja menuju Surabaya pada pagi ini.

infografis

Diduga sopir bus bernama Ade Firmansyah melaju dengan kecepatan sekitar 100 kilometer per jam di lajur lambat.

Tetapi, ketika bus tiba di km 712.200 /A, kendaraan oleng ke kiri dan menabrak tiang VMS (Variable Message Sign) di pinggir bahu jalan tol sehingga terguling.

Penyebab sementara, sopir bus diduga mengalami kelelahan atau mengantuk. Ia juga disebut merupakan sopir cadangan dan bukan sopir inti.

"Penyebab kecelakaan masih diduga human error, sopir cadangan ini kelelahan atau mengantuk. Sehingga di saat melintasi KM 712.200 itu oleng lalu pas 712.400 menabrak papan reklame," ujar Dwi Sumrahadi.

Sampai saat ini terdapat 14 korban tewas akibat kejadian tersebut.

Cara Menghindari Ngantuk saat Mengemudi

Mengantuk seringkali menjadi faktor utama kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Kondisi sopir yang kelelahan dan mengantuk itu berbahaya bukan saja untuk dirinya tapi juga bagi orang lain.

Melansir laman resmi Nissan, berikut beberapa cara menghindari ngantuk saat mengemudi:

1. Istirahat yang cukup

Perjalanan jauh pada umumnya direncanakan jauh-jauh hari. Menjelang hari keberangkatan, siapkan fisik sebaik mungkin dengan istirahat cukup.

2. Tak konsumsi obat

Bila kondisi badan tidak sehat, jangan memaksakan diri untuk tetap menyetir setelah minum obat. Kebanyakan obat-obatan dapat mengakibatkan kantuk, terutama obat flu. Bila memang harus minum obat dan Anda tahu efek sampingnya dapat membuat ngantuk, minta penumpang lain untuk bergantian menyetir atau tidur sejenak di rest area.

3. Sedia minuman

Kafein si pencegah kantuk memang sahabat andalan bagi para pengemudi dalam perjalanan jarak jauh. Selain kopi, kamu bisa meminum green tea atau minuman berenergi.

4. Putar musik irama up beat

Bila kantuk menyerang, segera putar musik berirama up-beat di radio mobil Anda. Iramanya dapat membantu mata Anda tetap terjaga sepanjang jalan.

5. Cari tempat istirahat

Kafein, musik up-beat, bahkan teman ngobrol tak juga mengusir kantuk Anda? Berarti saatnya Anda butuh istirahat. Carilah rest area terdekat, luruskan kaki, lalu tidur dengan nyenyak. Bisa juga pasang alarm di handphone Anda agar tidak bablas tertidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini