Share

Efek Buruk Salah Pakai Jenis Oli Mobil, Jangan Dianggap Sepele!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 52 2595293 efek-buruk-salah-pakai-jenis-oli-mobil-jangan-dianggap-sepele-EAOE8pTZDh.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

OLI memiliki peran penting sebagai pelumas sekaligus untuk melindungi mesin mobil saat bekerja. Pengguna mobil sebagaiknya memperhatikan oli yang baik supaya mesin dapat bekerja dengan optimal.

Salah menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin dapat menimbulkan efek buruk. Betikut adalah deretan efek buruk yang bisa dijumpai, seperti dilansir dari blog resmi Honda:

1. Engine Knocking

Efek buruk yang paling ringan jika salah menggunakan oli adalah engine knocking atau mesin mengeluarkan suara kasar serta bergetar. Kalau sudah begini tentu akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Engine knocking jika terlalu lama dibiarkan juga akan mengakibatkan masalah lain pada mesin mobil. Salah satunya adalah masalah overhead.

 infografis

2. Overhead

Salah dalam pemakaian oli mesin juga bisa menjadi penyebab overhead, hal ini terjadi akibat efek dari engine knocking yang dibiarkan terlalu lama. Apabila kinerja mesin tidak berlangsung secara optimal, maka akan banyak komponen mesin yang rusak seperti mesin merosot dan mengalami overhead.

3. Engine Stress

Efek salah menggunakan oli yang terburuk adalah pergerakan komponen mesin tidak teratur, lama kelamaan kerusakan akan menjalar ke komponen seperti piston menjadi bengkok, blok mesin mengalami kebocoran atau bahkan pecah.

Untuk itu, perlu memahami bahwa tiap mesin membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda sesuai dengan jenis mesin dan kekentalan olinya. Ini bisa dilihat di buku petunjuk yang didapat saat membeli mobil.

Selain itu juga pastikan untuk mengganti oli secara berkala. Disarankan pergantian oli ini dilakukan setelah menempuh jarak jarak 10.000 km.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini